Menghitung Biaya Tinggal di Apartemen

Posted by anggota member on Friday, July 17, 2009

Apartemen adalah salah satu pilihan tempat tinggal bagi orang-orang dengan ekonomi menengah ke atas dengan penghasilan yang cukup besar. Bagi orang yang penghasilannya tinggi mungkin biaya-biaya tinggal di apartemen bukan suatu masalah dibandingkan dengan kenyamanan dan akses yang cepat. Apartemen memberikan keamanan yang cukup tinggi dibandingkan dengan tinggal di rumah biasa, lokasi strategis, dan menghemat banyak waktu untuk perjalanan dari dan ke kantor. Namun bagi orang yang punya penghasilan yang biasa-biasa saja anda harus waspada jangan sampai menyesal di kemudian hari setelah membeli atau menyewa apartemen.

Mungkin harga
apartemen yang murah belum menjamin ke depannya bakal selalu murah biaya-biayanya. Justru itu bisa menjadi strategi pengelola untuk mengeruk keuntungan lebih dari penghuni apartemen. Pengelola apartment umumnya akan mengenakan biaya perawatan gedung, biaya kebersihan, biaya keamanan, biaya parkir, perawatan taman, dan lain sebagainya. Biasanya dikenakan kepada penghuni berdasarkan besar kecil unit apartemen penthouse yang ditempati yakni umumnya sekitar 10 sampai 30 ribu rupiah per meter persegi.


Belum lagi biaya tambahan lain seperti biaya renovasi, biaya fasilitas tambahan, biaya laundry, biaya dan tarif abonemen air dan listrik yang lebih tinggi, biaya pasang ac, serta biaya-biaya lain diluar biaya rutin. Dengan iuran rutin yang ada dan jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah pertahun seolah-olah kita ngontrak dan bayar kontrakan di rumah sendiri.


Untuk itu hati-hatilah dalam memilih
apartemen untuk tempat tinggal permanen. Pengelola yang tidak tanggap, lalai memenuhi kewajiban melayani penghuni apartment, mata duitan, mengitimidasi yang menentang dan tidak bayar iuran tagihan rutin, dan lain sebagainya. Salah pilih apartment penthouse dengan pengelola yang tidak cakap bisa menurunkan nilai investasi serta mengurangi kenyamanan hidup pada apartemen kita sendiri. Bagi yang suka hidup irit dan hemat akan pengeluaran, rumah mungkin jadi pilihan yang terbaik.


http://organisasi.org

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }