Kebutuhan Pendingin Ruangan

Posted by gelasbagus on Tuesday, July 28, 2009

Dalam sehari, berapa jam yang Anda habiskan untuk beraktivitas di ruangan, sekolah, mobil dan di pertokoan berAC (Air Conditioning)? Yang jelas, pendingin ruangan kini sudah menjadi salah satu kebutuhan mutlak sehari-hari. Karena selain fungsi utamanya menyejukkan ruangan, suhu AC yang tak terlalu rendah dan kelembabannya yang terjaga masih dapat menjaga kondisi tubuh Anda tetap fit. Tentunya, hal ini berlaku pada air conditioner yang terawat, karena mampu menjaga kadar kelembaban antara 65-95 % dan suhu udara sekitar 24-26°C.

Namun jika air conditioner unit Anda mulai bermasalah, misalnya standar kelembaban dan suhu yang tidak memenuhi standar lagi, bisa dipastikan metabolisme tubuh Anda dan keluarga akan mudah terganggu. Mulai dari pembuluh darah menyempit, leher atau tengkuk terasa kaku, kesemutan, hidung tersumbat, perut kembung, pegal linu, kulit menjadi kering hingga sering buang air kecil. Bahkan, anak-anak pun mendadak bisa jadi rewel.
Nah, daripada memusingkan diri dengan sejumlah penyakit yang bermunculan, ada baiknya kita mulai merawat air conditioner split sedini mungkin melalui beberapa tips berikut.

Jangan lupa mematikan AC
Sebelum bepergian ataupun meninggalkan ruangan, jangan lupa untuk mematikan air conditioner. Usahakan menaruh remote control di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, seperti di dekat pintu. Selain mempermudah pengoperasian AC, Anda akan selalu ingat untuk merawatnya.

Gunakan seperlunya
Anda dapat menggunakan air conditioner unit seperlunya terutama pada saat cuaca tak menentu (pancaroba). Selain menjaga kondisi tubuh, tentunya bisa menghemat listrik. Saat udara tak terlalu panas, matikan AC sekitar satu atau dua jam dalam sehari. Bila perlu, gunakan pengingat (reminder) yang terdapat dalam fasilitas AC. Selanjutnya, Anda bisa membuka lebar-lebar jendela dan pintu sehingga terjadi pertukaran udara.

Cermati penggunaannya
Tak hanya untuk menghemat listrik, Anda juga dapat mencermati penggunaan air conditioner split untuk keperluan membersihkan rumah atau meminimalkan potensi penyebaran virus ketika Anda ataupun anggota keluarga yang sedang sakit, misalnya flu, dan lain-lain.

Percayakan kepada teknisi
Dalam hal ini, perawatan pendingin ruangan bisa berlangsung dengan lebih aman karena ditangani sendiri oleh teknisi service air conditioner. Anda bisa memanggil service air conditioner datang ke rumah minimal 6 bulan sekali. Meski Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk ini, AC Anda akan mendapatkan perawatan yang lebih lengkap meliputi pembersihan seluruh komponen indoor dan outdoor, sekaligus mengecek tekanan Freon, untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak.

http://www.propertykita.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }