Hobi Koleksi Miniatur

Posted by gelasbagus on Friday, July 31, 2009

Bagi sebagian orang pernak-pernik pesawat terbang adalah sesuatu yang menarik. Tak heran, kini banyak orang yang hobi mengoleksi miniature crafts pesawat terbang. Pengoleksi miniature craft pesawat terbang ternyata bukan hanya individu, tetapi juga sering dipakai maskapai penerbangan untuk dijadikan souvenir atau pajangan. Kalau melihat potensi pasar miniatures crafts yang seperti ini, bisnis miniatures craft pesawat sudah pasti bisa menjadi bisnis crafts metal yang menggiurkan.

Sebut saja Harto Alkarim (48), sosok pria setengah baya yang tinggal di Kabupaten Bogor. Sejak menggeluti bisnis miniature craft metal pesawat sejak 20 tahun lalu, kini ia bisa dibilang cukup sukses merambah bisnis craft supplies yang jarang digeluti orang ini.
Banyak maskapai penerbangan dalam negeri maupun asing yang telah mejajali karya crafts supplies pria asal Makasar ini. Beberapa maskapai yang pernah menjadi konsumenya adalah Garuda, Mandala, Lion, Merpati, Air Asia. Tak hanya maskapai lokal dan negara tetangga sebelah, maskpai asing seperti Quantas Australia, KLM Belanda, Qatar Airlines pun pernah menjadi konsumennya. "Hampir semua maskapai pernah saya buat miniature craft ironnya," ucapnya kepada detikFinance, di Bogor, Minggu (7/12/2008).

Untuk bisa mendalami bisnis crafts iron ini memang tidak lah mudah. Karena selain membutuhkan ketelitian, pembuat miniature craft supplies pesawat harus benar-benar mengerti jenis pesawat. Biasanya para pembeli maskpai penerbangan sangat detail memesan miniature crafts jenis pesawat tertentu dengan skala yang tepat.
Ia mencontohkan jenis miniature craft Boeing 737 yang memiliki bermacam-macam seri yaitu 200, 300 dan 400, semuanya memiliki bentuk yang berbeda. "Moncong miniatures crafts pesawat itu berbeda-beda, jadi harus detail," jelasnya.

Mengenai crafts supplies miniatures craft, diakuinya tidak lah sulit mencarinya karena hampir semua bisa diperoleh di dalam negeri. Semua produk crafts metal buatannya dibuat dari bahan baku craft supplies fiber plastik yang kuat. Selain itu, untuk bisa menghasilkan produksi craft metal dalam jumlah besar (massal), sebaiknya semua model kerangka dasar craft iron diperlukan cetakan dengan model ukuran crafts iron tertentu.

Melalui bendera Ozi Aircraft Model, ia mulai menikmati hasil sebagai perajin miniature craft supplies yang cukup terkenal di kawasan Bogor. Jumlah miniatur pesawat yang bisa diproduksi Harto mencapai ratusan bahkan ribuan unit miniature per bulan.

http://www.detikfinance.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }