Pohon Yang Tumbuh Di Dataran Rendah

Diposkan oleh gelasbagus on Senin, 06 Juli 2009

Konon, bunga matahari (Helianthus annus L.) berasal dari Amerika Utara. Pada tahun 1919, di tanam di Jawa. Tanaman ini subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Pohonnya tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Banyak orang yang menganggap tanaman bunga matahari herba anual berumur pendek ini sebagai tanaman hias saja. Banyak orang tak menyadari bahwa tanaman bunga matahari di penjual tanaman punya banyak khasiat di balik keindahannya. Bunganya mengandung quercimeritrin, helianthoside A-B-C, asam oleanolat, dan asam echinocystat. Untuk bijinya, terdapat kandungan beta sitosterol, prostagladin E, asam chlorogenic, asam quinat, phytin, dan 3-4 benzopyrine.

Semua bagian dari tumbuhan dari penjual bunga matahari ini memiliki khasiat. Bunganya punya efek menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit (analgesik). Biji bunga matahari sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak. Daunnya berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Akarnya pun punya khasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan analgesik. Sedangkan, sumsum batang dan daar bunganya berkhasiat merangsang energi vital, analgesik, menenangkan liver, dan masih banyak lagi.

Penggunaan seluruh bagian tanaman bunga matahari ini bisa dalam bentuk segar dan kering. Pemakaian luar, tumbuhannya dihaluskan dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Contohnya untuk rematik, bisul, dan radang payudara.

Penggunaan untuk dalam, tanaman bunganya dari penjual tanaman direbus dan diminum. Ada pula yang disangrai seperti bijinya, lalu ditumbuk halus, diseduh air panas dan diminum. Pengobatan lewat cara ini adalah untuk keluhan sakit kepala, pusing, sakit gigi, radang payudara, batuk, batuk rejan, sesak napas, tekanan darah tinggi, mencegah kanker lambung, kembung, maag, susah buang air besar, disentri, infeksi saluran kemih, beri-beri, malaria, keputihan, pendarahan, dan hernia.

Penggunaan sumsum dari batang dan dasar bunga itu berisi kandungan hemicellulose yang menghambat sarcoma 180 dan Ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak sumsum ini dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna. Hanya saja, bagi ibu yang tengah hamil, dilarang minum rebusan bunga matahari dari penjual bunga matahari.

http://sisil155.multiply.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Bunga Matahari ~ Jual Bunga Matahari ~ Tanaman Bunga Matahari ~ Tanaman Bunga ~ Jual Tanaman ~ Bunga di 88db.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action dan Terapkan Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar... read them below or add one }