Mencintai Musik

Posted by gelasbagus on Thursday, July 2, 2009

DJ adalah pengetahuan yang aplikatif. Wajar jika praktik menjadi porsi paling banyak diberikan pada outdoor school atau DJ school. Ternyata, syarat untuk menjadi outdoor DJ tidak terlalu berat. DJ Asking, instruktur dari Rumus DJ Jakarta school mengatakan, untuk menjadi DJ Jakarta, syarat utamanya adalah harus mencintai dan suka musik. Tanpa kecintaan yang tinggi akan musik, seseorang tidak pernah bakal jadi DJ outdoor yang bagus. "Tak perlu takut untuk mencoba jadi DJ atau masuk ke outdoor school DJ. Selama Anda cinta musik, masuk saja. Dari sana, semuanya nanti akan berkembang. Ikuti saja alurnya. Tidak terlalu sulit untuk bisa jadi DJ," kata Asking yang sudah lima tahun ini jadi DJ freelance.

Asking menyebutkan, pelajaran pertama yang diberikan pada murid yang baru masuk DJ school Jakarta atau kursus outdoor DJ adalah pengenalan atas sejarah musik DJ. Pengenalan sejarah musik itu untuk membuka wawasan seseorang hingga lebih memunculkan kecintaan pada DJ outdoor.
"Sepertinya sudah menjadi standar, kalau ingin berkecimpung di satu bidang, kita harus tahu sejarahnya. Itu akan memberikan kita karakter atas bidang yang kita pilih. Begitu juga DJ," tutur Asking.

Rata-rata, Jakarta school atau DJ school itu menggunakan pendekatan privat. Artinya, satu murid akan ditangani oleh satu instruktur. Berkat pendekatan ini, para murid akan punya kebebasan untuk menentukan waktu kursus sendiri. Dengan demikian, umumnya, kursus DJ Jakarta ini tidak akan mengganggu aktivitas utama mereka.
"Mereka itu langsung akan kami suruh praktik untuk jadi DJ. Kita kasih contoh atau pengantar sebentar, lalu mereka memainkannya sendiri. Instruktur DJ school Jakarta nanti akan mengawasi. Kalau mereka salah atau kurang pas, akan langsung dibetulkan saat itu juga. Jadi itu akan lebih efektif," kata DJ Purple.

Umumnya, sekolah atau kursus DJ itu membagi kelas mereka menjadi dua tahap. Tahap pemula atau beginner dan tahap advance. Inti dari tahap pemula adalah mereka sudah mampu menciptakan musik sendiri, sedang advance, memberikan penekanan pada eksplorasi skilldan kreativitas.

http://lifestyle.okezone.com/

U
ntuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di DJ School | Outdoor DJ | Outdoor School | DJ Jakarta | DJ School Jakarta | DJ Outdoor | Jakarta School | DJ di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }