Proposal Usaha Katering

Posted by anggota member on Tuesday, July 7, 2009

Untuk mulai berbisnis, Anda perlu memiliki rencana bisnis, bukan proposal bisnis. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis Anda sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu, rencana bisnis ini digunakan oleh Anda sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut.

Rencana bisnis umumnya berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis Anda dan strategi bisnis yang Anda gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu katering kue/makanan berdasarkan pesanan atau supply rutin ke kantin misalnya, kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya, aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis katering Anda. Ditambah lagi dengan rencana bisnis selama 3 tahun atau 5 tahun kedepan seperti apa.

Sedangkan proposal lebih ditujukan kepentingannya untuk orang lain. Proposal bukan cuma berisi rencana bisnis, tapi juga untuk kepentingan apa Anda sampaikan proposal tersebut kepada orang lain. Misalnya, Anda membuka usaha
masakan katering dan ingin mengajukan pinjaman kredit ke bank. Maka selain rencana bisnis, proposal itu juga harus memuat data yang berkaitan dengan kredit bank seperti berapa uang yang akan dipinjam untuk katering makanan, digunakan untuk apa, rencana pengembaliannya, dan sebagainya. Atau proposal tersebut digunakan untuk mencari tambahan modal dari investor, maka isinya adalah rencana bagi hasil, proporsi kepemilikan dan sebagainya.


http://finance.groups.yahoo.com

Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action dan Terapkan Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }