Perhatikan Tuntunan Desain

Posted by gelasbagus on Thursday, July 2, 2009

Desain web bukan sekedar memberi sentuhan artistik penuh komestik untuk memanjakan mata pengunjung. Butuh lebih dari itu untuk memancing pengunjung tetap kembali dan kembali lagi. Anda bisa membaca tuntunan berikut untuk menuju nirvana desain web.

1. Tujuan dan sasaran
Apa tujuan anda mendirikan situs web murah dan mendesain web templatenya sendiri? Untuk keluarga, sekedar hobi, mencari uang atau portfolio digital? Apakah anda mempunyai alasan yang kuat untuk mencapai tujuan desain web murah anda? Bagaimana dengan sasaran pengunjung anda? ABG, penggemar binatang atau kutu buku yang kacamatanya setebal pantat botol? Semua ini adalah langkah terpenting dalam desain web template anda nantinya. Tentukan sasaran dan tujuan yang pasti dan tetap fokus pada jalur!

2. Kesan pertama, Begitu menggoda
Maaf ini bukan iklan, tapi ini juga berlaku pada desain template web. Desain murah yang bagus bukan berarti template murah web yang “fancy”, “bling-bling” (gemerlap) dengan gambar/animasi dan warna yang flashy plus teknologi desain web murah terkini. Desain web murah yang bagus adalah gabungan dari konsistensi, kemudahan, proposional.

3. Content, Content, Content!
Tidak ada yang lebih penting dari sebuah situs desain web template selain content atau isi. Desain web template yang bagus akan sia-sia bila isinya tidak sesuai harapan. Ibarat sampul bagus tapi isi buku berantakan. Jejali halaman desain template yang tersedia dengan isi yang sesuai dengan tujuan dan sasaran situs anda. Usahakan desain murah untuk tetap KIS (Keep It Simple) , To-the-Point dan orang bisa mengetahui isi situs anda dalam 10 detik.

4. Ingatlah kaum lemah
Tidak semua orang memiliki koneksi broadband 128 Kbps atau lebih. Bahkan kebanyakan pengunjung Indonesia masih menggunakan koneksi dialup dengan kecepatan efektif sekitar 40-an Kbps. Jadi ingatlah pengunjung dengan koneksi seperti ini. Jangan mendesain template murah anda dengan menambah pernak-pernik tak berguna yang memenuhi isi situs hanya untuk sekedar look cool!

5. Hormati “lebah” search engine
Search engine bots melihat situs anda dalam teks biasa. Jika anda pernah memakai Lynx maka anda akan tahu seperti apa masuk ke ruang “Matrix” teks. Tidak ada gambar, tidak ada animasi flash, tidak ada video, tidak ada yang aneh-aneh. Semua teks! Dan mereka tentu tidak bisa mengindex apa yang tidak terlihat. Jika anda ingin mereka melakukan tugasnya dengan baik, permudah jalan mereka dengan menyediakan sitemap (peta situs).

firmannugraha.dagdigdug.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Desain Web ~ Desain Web Murah ~ Web Murah ~ Desain Web Template ~ Web Template ~ Desain Template ~ Desain Murah ~ Template Murah di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }