Mencari Tenda Yang Cocok Untuk Mendaki

Posted by gelasbagus on Friday, July 10, 2009

Bagaimana mengetahui ciri-ciri tenda pleton dari penjual tenda yang cocok untuk mendaki gunung? Berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda dome dan outdoor equipment yang cocok untuk pendakian gunung.

01- Tinggi Tenda
Tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda camping dan alat camping, ini dikarenakan untuk lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya.

02- Bahan tenda
Perhatikan bahan tenda pleton di penjual tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda dome dan outdoor equipment yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun, jika tenda camping ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda dan alat camping ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.

03- Guylines atau tali pengencang
tenda pendakian gunung pasti akan mempunyai tali-tali pengencang dibagian tertentu yang berguna untuk ketahanan tenda dalam menghadapi angin di gunung. tali-tali ini umumnya oleh pabrik tenda ditempatkan pada titik-titik frame konstruksi tenda yang berguna memberikan kekuatan tambahan pda frame agar tidak patah.

04- ruang penyimpanan
Teras atau istilah kerennya vestibule tenda, adalah bonus istimewa untuk tenda pendakian gunung, karena selain bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, vestibule bisa dijadikan dapur saat cuaca jelek dan tidak memungkinkan untuk memasak di luar tenda.

Itulah empat titik penting yang perlu kita perhatikan saat memilih tenda untuk kegiatan pendakian gunung. mengenai hal lainnya tergantung selera dan type gunung yang akan kita daki.

http://tforce2009.wordpress.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }