Kiat Perjalanan Jauh dengan Mobil

Posted by anggota member on Tuesday, July 14, 2009

Membuat perjalanan dengan kendaraan agar menjadi menyenangkan butuh perencanaan dan persiapan yang baik. Anda dapat terhindar dari hal-hal yang berada di luar dugaan yang berakibat fatal. Langkah-langkah inilah yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan jauh dengan mobil.

* Ambillah peta dan mulailah merencanakan rute perjalanan Anda.


* Perhitungkan waktu perjalanan bila Anda mengambil rute tersebut. Anda akan terbantu dengan perhitungan ini apabila Anda ingin beristirahat sejenak atau berhenti untuk makan. Selain itu, perhitungan waktu ini akan berguna untuk menghindari perjalanan melalui daerah perkotaan. Apalagi kalau menggunakan jasa
sewa mobil/rental mobil karena hitungan sewa terus berjalan kalau tidak direncanakan dengan matang.


* Hal yang terpenting dalam mempersiapkan perjalanan dengan menggunakan
mobil adalah kondisi kendaraan itu sendiri, Hindari memeriksakan keadaan kendaraan yang ingin dipergunakan pada menit-menit terakhir. Mungkin saja ada suku cadang yang harus dipesan dari jauh-jauh hari. Anda juga akan memiliki waktu untuk memeriksa keadaan kendaraan Anda sekali lagi setelah diperiksa di bengkel.


* Periksalah keadaan wiper, lampu-lampu, roda, dan AC mobil Anda. Keadaan mobil yang telah siap pakai akan mengurangi risiko kecelakaan.


* Sekarang ini, mobil-mobil dipasang dop pada rodanya. Kendaraan seperti ini biasanya memiliki kunci untuk mencegah pencurian. Jika mobil Anda seperti ini, pastikan Anda mengetahui tempat kuncinya tersimpan (biasanya harus menggunakan dongkrak). Jika tak tahu letaknya, Anda akan mengalami kesulitan bila harus mengganti ban yang kempis.


* Bersihkan kendaraan Anda luar dan dalam. Keluarkan barang-barang yang tak diperlukan dalam perjalanan.


* Lengkapi kotak obat-obatan dalam
mobil Anda.Tambahkan isinya dengan obat-obatan khusus yang diperlukan selama perjalanan Anda.


* Persiapkan beberapa pilihan hiburan untuk perjalanan Anda, termasuk permainan-permainan, buku, CD, atau kaset. Jangan lupa membawa peta perjalanan.


* Periksa sekali lagi nomor kendaraan, surat-surat mobil, dan surat-surat yang berhubungan dengan asuransi. Pastikan surat-surat penting itu masih berlaku. Pengendara mobil juga harus membawa surat izin mengemudi. Termasu jika melakukan
rental mobil atau sewa kendaraan.


* Periksa sekali lagi persediaan bahan bakar dan oli mobil Anda. Begitupun dengan tekanan udara dalam ban.


* Susunlah barang-barang bawaan Anda di dalam mobil. Letakkan barang-barang yang diperlukan setiap waktu di depan dan di dekat Anda. Koper atau tas-tas besar lain biarkan diletakkan di bagasi. Jika melakukan
sewa mobil pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan & tujuan Anda.


www.rajaraja.com

Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }