Jangka Waktu Membuat Layout

Posted by gelasbagus on Tuesday, July 28, 2009

Anda mau mendesain interior 3d rumah or apartemen Anda? Saya seringkali mengalami kesulitan menjelaskan bahwa desain interior architect rumah, desain 3d interior apartemen atau kantor, atau pun design arsitektur rumah membutuhkan waktu. Seringkali seorang calon klien bertanya, “Mbak, 1 minggu desainnya bisa selesai?”

Untuk mendesain
interior seluruh rumah atau satu unit apartemen, kami membutuhkan waktu rata-rata 1 (satu) bulan. Kalau mendesain arsitektur, waktunya bisa lebih lama, 2 sampai 3 bulan. Semangat kami di 3d studio adalah, “Mendesain dengan hati dan jangan mengulang desain interior architect”. Nah, untuk Anda yang lumayan awam dengan dunia desain interior 3d, saya coba sharingkan tahapan-tahapan proses desain 3d interior.

Pertama, Katakanlah Anda sudah sepakat dengan biaya dan jasa yang Anda minta. Tahap awal adalah tahap konsep atau pra desain. Keluaran dari tahap ini kemudian dituangkan dalam layout
interior. Banyak hal yang harus diperhitungkan. Mulai dari ukuran ruang, fungsi ruang, akitifitas yang akan terjadi di dalam ruangan, kebiasaan keluarga, koleksi keluarga dan sebagainya. Untuk sampai pada layout ini, dibutuhkan waktu plus minus satu minggu. Ini pun mengandaikan ada dialog, intensif antara kami dengan klien. Belum lagi kalau layout ini perlu dikoreksi, karena belum memenuhi harapan klien.

Kedua, setelah layout disetujui. Dimulailah proses mendesain satu demi satu furniture. Kalau dalam satu rumah ada 10 items furniture itu, dan masing-masing dibuat 2 alternatif ,maka diperlukan 20 gambar desain. Belum lagi, bila kami harus mendesain fixed furniture seperti lantai, dinding atau plafon di
studio architect. Dalam mendesain, para desainer kami tetap mempertahankan cara manual, dengan pensil warna. Selain tentu saja memanfaatkan software computer seperti, AUTOCAD, Sketcup, Photoshop, Coreldraw dan sejenisnya. Proses mendesain adalah proses kreatif. Menyelesaikan 10 items dalam waktu 1 minggu, bukan pekerjaan sepele. Kalau Anda sekali waktu menjenguk studio kami, Anda akan tahu. Para designer, drafter sering bekerja sampai larut malam.
Katakanlah, sebagai klien, Anda membutuhkan waktu untuk mereview satu demi satu hasil kerja kami. Memilih salah satu alternatif tetapi sekaligus memberi koreksi. Plus minus dibutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu lagi untuk memperbaiki.

Ketiga, langkah berikut adalah membuat sketsa perspektif ruang. Untuk layanan standard
3d studio, kami mengambil kebijakan tidak membuatkan perspektif 3 Dimensi dengan program 3Dmax. Permintaan semacam itu, membutuhkan biaya tambahan.Maklumlah, mengambar sebuah perspektif dapat memakan waktu 3 sampai 4 hari. Karena itu standardnya, cukup sketsa saja namun sudah sangat informatif.

Keempat, setelah semua gambar selesai. Proses pembuatan di workshop pun memakan waktu yang tidak sebentar. Biasanya kami menargetkan waktu antara 45 sampai dengan 60 hari kerja. Para tukang
studio architect pun membutuhkan waktu untuk mengolah gambar menjadi furniture yang rapi, detail, sesuai dengan desain. Total jendral waktu yang dibutuhkan adalah 2 sampai 3 bulan.

Kok lama? Mungkin itu pertanyaan di benak Anda. Begini, kalau Anda membeli baju di mall, hari ini juga Anda bisa mendapatkannya. Tetapi, kalau Anda memesan baju pengantin dari seorang desainer, hmm, Anda mungkin harus memesan 1 sampai 2 bulan sebeluh hari perkawinan tiba. Begitu juga dengan desain interior rumah. Seperti memesan baju pengantin, Anda harus bersabar dan mengkalkulasikan waktunya sejak awal. Minimal tiga bulan.

http://annahape.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }