Cara Menyembelih Kambing Aqiqah

Diposkan oleh Sate Ayam on Jumat, 17 Juli 2009



aqiqah adalah sembelihan yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran seorang bayi. jumhur ulama menyatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkaddah baik bagi bayi laki-laki maupun bayi perempuan, carilah di jual kambing & jual kambing aqiqah,. pelaksanaannya dapat dilakukan pada hari ke tujuh (ini yang lebih utama menurut para ulama), keempat belas, dua puluh satu atau pada hari-hari yang lainnya yang memungkinkan.

rasulullah saw bersabda, “setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama.” (hr ahmad dan ashabus sunan)

yang lebih utama adalah menyembelih dua ekor kambing aqiqah yang berdekatan umurnya bagi bayi laki-laki dan seekor kambing bagi bayi perempuan.
dari ummi kurz al-ka’biyyah, ia berkata: aku mendengar rasulullah saw bersabda, “untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (hr ahmad dan at-tirmidzi)

rasulullah saw sama sekali tidak memberikan aturan main dalam penyelenggaraan acaranya secara khusus dalam aqiqah. tidak ada keharusan untuk mengemas acara khusus untuk sebuah aqiqah seperti membuat undangan resepsi tertentu, lalu acaranya dikemas dengan dipimpin oleh seorang pembawa acara, kemudian dibacakan ayat-ayat al-quran dan terjemahnya, lalu terkadang ada sedikit sambutan dan ceramah dari ustadz tertentu. semua rangakain acara itu sama sekali tidak ditentukan dan juga tidak diatur di dalam syariat islam.

sebenarnya yang menjadi inti sebuah ritual penyembelihan kambing aqiqah adalah penyembelihannya dan mengundang orang untuk menyantapnya. dan tidak ada ketentuan harus dengan seremoni tertentu cek di jual kambing & jual kambing aqiqah, sebagaimana yang sering kita saksikan selama ini. ini perlu ditegaskan agar jangan sampai orang-orang nantinya latah dan ikut-ikutan tanpa pernah tahu sebenarnya aturan aslinya.

dukung kampanye stop dreaming start action sekarang

http://petanidakwahmenulis.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }