Aneka Sajian Kue Kering Saat Lebaran

Posted by anggota member on Friday, July 17, 2009

Jenis Kue Kering:
Kue kering sangat banyak ragamnya. Ada yang dipadu dengan kacang-kacangan, buah kering, cokelat hingga keju dan selai. Jenis kue kering potong (slice) merupakan jenis yang paling sederhana. Biasanya hanya diberi hiasan sedikit. Jenis drop cookies, kue dibentuk dengan sendok teh dan diberi campuran buah kering, cokelat dan bahan lainnya. Ada juga macam kue kering dengan hiasan glasur atau cokelat leleh dan ada juga yang diisi dengan selai atau adonan kacang dan buah kering. Macam kue yang memakai bahan campuran kacang-kacangan atau cokelat bubuk akan lebih tahan lama disimpan dibandingkan yang memakai campuran buah kering, selai atau lapisan cokelat. Karena itu sebaiknya padukan jenis kue dengan memperhatikan bahan campurannya. Kecuali itu perhatikan juga rasanya. Padukan cake kering dengan rasa manis cokelat, dengan yang gurih yang memakai keju atau kacang-kacangan. Dengan cara ini tamu bisa memilih sesuai dengan selera.

Kemasan:
Kemasan yang biasa dipakai untuk cake kering yang dijual adalah stoples plastic berbentuk bundar, oval atau segi 8. Toples jenis ini tidak kedap udara karena itu harus ditutup lagi dengan selotip kelilingnya. Jika Anda membeli cakes kering dalam kemasan jenis ini sebaiknya segera pindahkan ke dalam stoples kedap udara agar kue bisa tahan lebih lama atau tidak mudah melempem saat dibuka tutup. Saat membeli stoples perhatikan tutup stoples, pilih yang benar-benar rapat tetapi tetap tidak sulit untuk dibuka dan ditutup.

Memesan atau Membuat:
Kedua cara ini bisa anda pilih. Jika ingin membuat sendiri, sebaiknya pakai resep yang sudah sering Anda buat. Atau jika ingin mencoba resep baru, lakukan jauh-jauh hari dan cukup mencoba 1/2 resep agar lebih hemat bahan dan waktu. Jika tak habis dibentuk atau dicetak, adonan kue kering bisa ditaruh dalam wadah bertutup rapat dan disimpan dalam kulkas. Saat akan dibentuk, keluarkan dari kulkas hingga bersuhu ruangan lalu cetak atau bentuk. Jika ingin memesan atau membeli misalnya di toko cake, sebaiknya pilih pembuat kue yang sudah Anda kenal kualitasnya. Usahakan untuk mencicipi dahulu sample kue kering sebelum memutuskan untuk memesan atau membelinya. Jangan asal membeli kue murah.

Penyajian:
Cakes kering sebaiknya disajikan dalam stoples-stoples mungil yang mudah untuk diisi kembali jika sudah habis. Jadi, pisahkan kue kering untuk pengisi agar tidak seluruh kue disajikan. Dengan cara ini kue akan mudah melempem. Sediakan piring-piring kecil untuk menaruh kue kering agar tamu mudah menyantapnya.

www.dprd.mojokertokota.go.id

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }