Memilih Tempat Penginapan Untuk Liburan

Posted by malamjumat on Wednesday, December 24, 2008

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih tempat penginapan, baik itu hotel, losmen, homestay, villa, resort, dan sebagainya.

Pertama, sebaiknya pilih tempat penginapan yang lokasinya strategis, tidak terlalu jauh dengan obyek-oyek wisata yang bakal Anda kunjungi. Alangkah baiknya di penginapan resort, dsb itu juga ada perayaan menyambut tahun baru, jadi Anda dan keluarga dapat menikmatinya bersama.

Kedua, segera reservasi penginapan resort, dsb itu yang bakal Anda inapi jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan kamar. Jangan spekulasi dengan mendatangi penginapan villa dan lainnya saat peak season, karena biasanya fullbook. Kalau itu terjadi, jelas mengganggu liburan Anda penting.

Ketiga, Anda dapat mencari informasi penginapan villa pilihan melalui travel agent, majalah pariwisata seperti Travel Club, browsing Internet wisata.
Keempat, pilih akomodasi villa resort sesuai dana Anda. Bandingkanlah harga penginapan (misalnya villa resort) yang satu dengan yang lainnya yang masih berada di kota atau sedaerah yang akan Anda tuju. Ada kalanya harga yang ditawarkan oleh penginapan lebih tinggi dibanding dengan harga yang Anda dapatkan dari portal atau website reservasi penginapan bersangkutan (misalnya ketika berlibur di puncak yaitu villa puncak yang satu dibandingkan dengan villa puncak yang lain).

Kelima, perhatikan fasilitas dan service penginapan tersebut. Contohnya jangan asal memilih penginapan murah, layanan jauh lebih penting daripada sekedar penginapan murah.
Keenam, cek ulang letak penginapan tersebut. Apakah dekat dengan stasiun bus atau kereta? Apakah berada di lokasi yang tenang atau sebaliknya yang ramai? Hingga membuat Anda tidak bisa tidur tenang. Gunakan peta google atau googlemap untuk mengetahui lokasi hotel tersebut. Pastikan area tersebut adalah lokasi penginapan yang benar-benar cocok untuk Anda. Buat apa penginapan/villa murah tetapi lokasinya tidak strategis.

Ketujuh, pakailah sistem rating dengan review dan comment dari pengunjung yang dapat menjadi panduan tambahan dalam memilih penginapan. Biasanya tamu-tamu yang merasa puas dengan pelayanan akan menuliskan komentar mereka tentang penginapan tersebut. Ya kalau bisaAnda mendapatkan penginapan/villa murah dengan pelayanan yang tidak murahan. Semoga bermanfaat.
www.rajasolusi.com

{ 0 comments... read them below or add one }