Tips Membuat Pipa Septic Tank Panjang Usia

Posted by Sate Ayam on Friday, December 26, 2008

Fungsi septic tank bisa dibilang vital. Rancanglah septic tank dengan tepat, agar bak pembuangan limbah ini dapat berumur panjang.

Septic tank berkaitan erat dengan aktivitas biologis seluruh penghuni rumah. Agar tidak mudah penuh dan mampat, diperlukan rancangan yang tepat. Rancangan dan pemeliharaan yang tidak tepat, dapat membuat septic tank tidak berfungsi dengan baik.

Septic tank adalah sistem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran (alat kalibrasi) dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara. Agar septic tank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  • Kemiringan pipa / alat kalibrasi. Kemiringan menentukan lancar tidaknya proses pembuangan limbah. Selisih ketinggian kloset dan permukaan air bak penampung kotoran, sebaiknya sebesar mungkin. Agar mengalir lancar, kemiringan pipa minimal 2%, artinya setiap 100cm terdapat perbedaan ketinggian 2cm.
  • Pilih pipa saluran yang tepat. Pipa saluran sebaiknya berupa pipa PVC (alat mekanik). Ukuran minimalnya adalah 4 inci. Rumah yang memiliki banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dengan lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut, rentan mampat.
  • Sesuaikan alat mekanik kapasitas dengan kebutuhan. Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang, cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5mx1,5mx2m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1mx1mx2m. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.carilah di sewa alat / instrument rent untuk membantu anda dalam mencari kapasitas yang ada.
  • Bak harus kuat dan kedap air. Dinding, dasar, dan penutup bak utama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiliki dasar berupa campuran kerikil dan pasir.coba cari instrument rent / sewa alat untuk membantu anda dalam membuat bak yag lebih kuat.

Temukan informasi mengenai Sewa Alat, Instrument Rent, Alat Mekanik, Alat Kalibrasi, Alat Welding dan Sewa Alat / Instrument Rent: Alat Mekanik & Kalibrasi – Welding Jakarta pada 88db.com.

http://www.ideaonline.co.id/

{ 0 comments... read them below or add one }