Tips Membuat Foto Cantik

Posted by malamjumat on Friday, December 19, 2008

Perlengkapan yang diperlukan dalam photograhy produk:

1. produk yang akan difoto

2. kamera (bisa yang digital atau yang manual)

3. kain putih (berfungsi untuk menutupi warna alas yang dipakai untuk menaruh produk (misalnya, yang dipakai adalah meja berwarna hitam, supaya warna meja tidak mempengaruhi warna kain lain yang dipakai untuk latar belakang foto produk, maka meja perlu dialasi dengan kain berwarna putih terlebih dulu)

4. Kain lain yang warnanya kontras dengan warna produk kita (misalnya Produk yang akan difoto/photo product yang akan dilakukan adalah bros yang berwarna merah, maka gunakan kain sebagai latar belakang foto produk yang warnanya hijau muda atau kuning muda.
Warna kain tersebut akan lebih menonjolkan warna produk yang akan difoto (menonjolkan hasil photo product). Perbedaan warna juga akan mempermudah kita dalam mengedit gambar apabila nantinya Anda menghendaki perubahan warna background.
Catatan:
Menggunakan kain sebagai background fotografi product lebih baik daripada menggunakan kertas, karena kain lebih bisa menyerap cahaya dengan sempurna daripada kertas. Ingat waktu kita memanfaatkan jasa photography di studio foto? Nah, yang dipakai untuk latar belakang, kain kan? Untuk mencari kain ini, Anda tidak perlu bingung-bingung, silakan saja membuka lemari pakaian Anda. Baju-baju Anda yang berwarna-warni bisa dialihfungsikan sementara untuk kain background dalam fotografi product ini. Bagi yang mengenakan jilbab, juga bisa dimanfaatkan.

5. Asesoris untuk mempermanis, seperti bunga, manik-manik, daun, cangkir dll (barang-barang tersebut tidak harus dibeli khusus untuk pemotretan, Anda bisa memanfaatkan semua pernik-pernik yang ada di rumah kita, misal bunga plastik, vas, kramik, mainan anak Anda atau bisa juga memetik bunga dan daun yang ada di halaman rumah. Kalau itu pun juga tidak ada, Anda bisa saja minta ke tetangga atau memetik bunga dan daun di jalanan. Kita bisa mengambil pengalaman dari jasa photography profesional dalam melakukan foto ini.

Ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Bisa juga memakai lampu belajar untuk menambah cahaya. Namun kalau tidak ada, usaha melakukan foto product di siang hari dan di ruang yang terbuka.
Mata yang tajam dan segar. Usahakan ketika mengambil gambar photography produk, Anda dalam kondisi yang sehat, tidak capek dan punya waktu yang cukup banyak supaya hasil fotografi produk tersebut bisa optimal.


Cara Memfoto:
1. tutup alas yang dipakai untuk menaruh produk (meja) dengan kain putih
2. lapisi atau tutup lagi dengan kain lain yang sudah siapkan sebagai kain background photo produk.
3. letakkan produk dan beberapa pemanis sedemikian rupa hingga tampak cantik komposisinya
4. atur lampu tambahan bila diperlukan, ingat jaraknya jangan terlalu dekat dan tidak bertabrakan dengan cahaya kamera. Arahkan cahaya ke sisi produk yang ingin ditonjolkan.
ketika mengambil photo produk, periksa apakah muncul bayang-bayang kita pada objek yang akan difoto. Atur posisi sedemikian rupa hingga bayang-bayang itu tidak ada.
5. ambil fotografi product beberapa kali supaya kita bisa memilih hasil yang paling baik.
6. Bagi yang memakai kamera biasa, sesudah mencetak foto product, bisa langsung discan dengan format JPEG atau JPG. Untuk yang punya kamera digital, lebih mudah lagi kan? Tinggal pindahkan saja filenya dan siap untuk diedit.

http://ziebeads.blogspot.com

Temukan Foto Produk, Photo Product, Jasa Photography, Photography Produk, Fotografi Product hanya di Foto Produk / Photo Product: Jasa Photography & Fotografi Product pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }