Las Dingin = Tambal Fiber

Posted by malamjumat on Wednesday, December 24, 2008

Modifikasi Guidance
Las Dingin = Tambal Fiber

Tidak sedikit jip yang menggunakan fiberglass sebagai bagian dari perlengkapan tubuhnya. Atap menjadi contoh yang paling banyak ditemui, mulai dari Jimny Sierra, Jeep CJ7 hingga Wrangler masih setia menggunakan atap dari adonan resin ini.

Bobot ringan menjadi kelebihan fiberglass, jip menjadi lebih enteng dibandingkan menggunakan atap besi. Namun bukan berarti bagian yang terbuat dari campuran serat kaca ini lantas ‘suci’ dari permasalahan. Retak dan pecah acapkali mendera bagian-bagian yang terbuat dari fiberglass. Untuk membantu pekerjaan kita bisa menggunakan alat mekanik apakah itu dengan melakukan sewa alat/instrument rent maupun alat mekanik sendiri.

Jika lempengan pelat besi pecah atau patah, maka harus dilakukan pengelasan. Begitu pula dengan fiberglass, untuk memperbaikinya harus dilas. Namun bukan seperti pelat besi, pengelasan ini menggunakan fiber sebagai medianya. Kita sebut saja sebagai las dingin, biar mudah diingat. Sebenarnya masalah seperti ini bukan hal yang rumit. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang penting kita punya alat yang memadai misalnya alat kalibrasi yang bisa diperoleh dengan melakukan sewa alat atau instrument rent kepada pihak-pihak tertentu.


Bikin Adonan

Buatlah adonan fiber. Campur resin dengan hardenernya. Komposisi 1: 10 menjadi takaran yang paling ideal. Angka 10 merupakan takaran untuk resin, sedangkan 1 untuk hardenernya. Bisa saja komposisi ini diubah, namun perlu diingat bahwa semakin banyak hardenernya, fiber yang dihasilkan akan semakin cepat kering, namun konsekuensinya, fiber menjadi lebih getas. (adonan). Untuk memudahkan pekerjaan bisa menggunakan alat kalibrasi.

Alat bahan
1. Resin fiber
2. Met serat gelas
3. Kuas
4. Gerinda
5. Dempul

Langkah

  1. Gunakan gerinda untuk mengikis bagian yang retak pada bidang fiber tersebut. Bersihkan dan korek bagian yang akan diperbaiki, untuk memberi ruang bagi bahan yang akan digunakan untuk merekatkan dan menutup bidang rusak tersebut.
  2. Hamparkan potongan mat fiberglass pada bagian yang akan direparasi. Lantas oleskan adonan fiber yang sudah dicampur hardener sebagai ‘las dingin’. Ulangi beberapa kali hingga bagian tersebut terlapisi dengan sempurna. Bagian yang dilapisi bahan reparasi akan lebih tebal dari ukuran aslinya.
  3. Tunggu hingga benar-benar kering. Kemudian gerinda lagi bagian yang telah direparasi tadi. Tujuannya untuk meratakan bagian yang terlalu tebal.
  4. Gunakan dempul untuk meratakan bagian tersebut hingga kembali lagi pada kondisi awal sebelum rusak. Haluskan dengan ampelas, lalu lanjut dengan pengecatan.
Jika Anda ingin menggunakan jasa pihak lain atau ingin melakukan penyewaan alat tersebut, bisa menghubungi welding Jakarta. Semoga bermanfaat!!!

www.sjboygroup.com

Temukan Sewa Alat, Instrument Rent, Alat Mekanik, Alat Kalibrasi, Welding Jakarta hanya di Sewa Alat / Instrument Rent: Alat Mekanik & Kalibrasi – Welding Jakarta 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }