Panduan Mengemudi di Bali

Posted by malamjumat on Wednesday, January 21, 2009

  • Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya Anda memastikan dengan kondisi mobil yang Anda sewa. Periksa dengan seksama kondisi ban termasuk tekanan angin, ban cadangan, alat-alat /kunci penganti ban termasuk dongkrak, BBM, kondisi fisik mobil berikut surat-surat perlengkapannya. Jika BBM dalam ambang batas habis, tanyakan langsung SPBU yang terdekat kepada petugas yang mengantar mobil rental kendaraan.
  • Selalu ingat minta nomer telpon tempat rental kendaraan / car rent yang bisa dihubungi bilamana mobil yang Anda sewa ada masalah dalam perjalanan.
  • Rencanakan perjalanan Anda sebelum berangkat. Pilihlah tempat-tempat yang dikunjung berada dalam satu route perjalanan untuk menghemat waktu, BBM. Apalagi jika Anda memnfaatkan jasa rental mobil / car rent dengan biaya mahal.
  • Bila anda belum familiar dengan jalan-jalan di Bali, alangkah baiknya Anda membawa peta / map pulau Bali.
  • Sebelum berangkat, ingatlah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan. Hal yang sepele tapi sering dilupakan. Dengan cara ini kita pula dapat mengatur rytme pernapasan sehingga perjalanan Anda sehat dan tidak terburu-buru.
  • Kondisi jalan di Bali banyak tikungan dan Anda pun harus extra hati-hati mengemudikan kendaraan, apalagi bukan kendaraan sendiri misalnya memanfaatkan jasa persewaan mobil.
  • Lalu lintas di Bali sudah mulai padat, sering terjadi kemacetan dan didominasi oleh sepeda motor yang pengendaranya setiap saat bisa nyelonong.
  • Mengemudi dengan smoothly, hindari pengereman mendadak. Hindari akselerasi yang tidak perlu. Jaga jarak dengan kendaraan di depan anda sehingga anda bisa mengantisipasi dan berjalan mengikuti arus lalu lintas. Selalu waspada dengan hambatan bergerak seperti binatang peliharaan (anjing, kucing, ayam,angsa,bebek). Di Bali hampir setiap rumah memiliki binatang peliharaan tersebut diatas.
  • Jika anda tersesat di jalan, segera pinggirkan mobil Anda. Keluar dari mobil untuk bertanya dan ucapkan salam (selamat pagi, siang, malam) merupakan etika/ norma bertanya yang berlaku di Bali.
  • Parkirlah di tempat yang sudah disediakan, jangan melebihi batas garis parkir. Hal ini untuk menjaga ketertiban dan menghindari benturan dengan kendaraan lain di sisi kanan kiri atau dibelakang mobil Anda
  • Pastikan semua peralatan elektrikal telah dimatikan sebelum mematikan mesin. Jika Anda sedang berada di area parkir, gunakan rem tangan sesuai garis parkir atau jalanan menurun/menanjak, serta bebaskan rem tangan jika Anda parkir secara paralel. Setelah itu pastikan semua pintu kendaraan telah terkunci dengan benar, atau Anda sudah menghidupkan sistem keamanan. Oh ya kalau memanfaatkan jasa persewaan mobil, jangan asal memilih rental mobil murah, lihatlah pelayanannya.

www.surgabali.biz

Temukan Rental Kendaraan, Car Rent, Jasa Rental Mobil, Rental Mobil, Persewaan Mobil, Persewaan Mobil hanya di Rental Kendaraan / Car Rent: Jasa Rental & Persewaan Mobil Murah Jakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }