Formula Membuat Kembang Api

Posted by jenggot kambing on Tuesday, November 15, 2011




Kembang Api Show - Kemeriahan sebuah acara tidak hanya bergantung dari kualitas acara tersebut (pengisi, kemasan, sistematika), namun juga berdasarkan aspek – aspek lain seperti: fireworks dan special effect. Setiap acara yg diselenggarakan baik indoor maupun outdoor memerlukan dua hal tersebut di atas tuk bisa berjalan semakin meriah dan menarik.

Dalam perkembangannya kembang api terdapat campuran bubuk hitam. Bahan kuno yg diklaim merupakan hasil penemuan China beberapa abad lalu ini pada dasarnya merupakan bubuk senjata yg telah dimodififkasi. Bahan ini membuat Kembang Api Show bisa melesat di udara karena menciptakan tekanan pada gas yg terperangkap dalam tabung atau mortar tempat Kembang Api Show keluar.

Tempurung kembang api pun mengandung campuran bubuk yg menghasilkan bunyi ledakan dan siulan panjang pada saat Kembang Api Show meledak di udara.

Ledakan keras dan siulan panjang dihasilkan oleh kombinasi bubuk flash. Salah satu bubuk flash termasuk jenis yg sering digunakan tuk pencahayaan dalam fotografi. Efek yg dihasilkan merupakan kombinasi bahan logam yg berfungsi seperti bahan bakar dgn zat kimia yg membuat oksigen tuk menyulut bahan bakar.

Kombinasi yg berbeda-beda antara bahan logam dan oksida menghasilkan susunan suara yg beruntun dan terdengar meriah. Selain itu, bahan pengawet makanan dan pelumas juga turut memberikan warna dalam variasi suara kembang api.

Lalu bahan apa sajakah yg menciptakan warna-warna indah yg dihasilkan ledakan Kembang Api Show variasi warna yg ditampilkan kembang api bergantung pada campuran bahan logam yg terdapat di dalamnya.

Diantara bahan itu terdapat bahan tembaga yg menghasilkan warna biru. Perpaduan atara strontium dan garam lithium menciptakan warna merah. Alulmunium dan titanium menghasilkan cahaya putih yg membekas di udara. Sementara itu, Barium yg biasa digunakan tuk bahan racun tikus dan pembuatan gelas menghasilkan warna hijau. Terakhir, calcium menampilkan warna jingga dan sodium menampakkan warna kuning.

Sumber:okezone.com



Info Terkait:

Kembang Api Show

{ 0 comments... read them below or add one }