Sebab Mengantuk Setelah Makan!

Posted by jenggot kambing on Thursday, March 31, 2011


Health - Kenapa setelah makan siang, kita biasanya jadi mengantuk? Ternyata ada sebabnya. Baca artikel ini biar bebas kantuk setelah makan.

Jika kita banyak mengkonsumsi nasi dalam menu makan siang, nah ini salah satu sebabnya. Dalam proses mencerna makanan, tubuh membutuhkan banyak energi. Apalagi kalau makanan yg perlu dicerna mengandung banyak lemak. Energi yg diperlukan juga akan semakin bertambah besar seiring dgn semakin banyaknya porsi makanan yg kita konsumsi.

Pada proses ini, sistem saraf ikut menyumbangkan sebagian stok darahnya dan sebagai akibatnya, sistem saraf mengalami kekurangan oksigen. Menurunnya efektivitas kerja saraf inilah yg biasanya membuat kita ingin mengantuk.

Kedua, L-Tryptophan. Ini sejenis asam amino yg menjadi bahan dasar terbentuknya niacin dan vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yg dapat menimbulkan perasaan nyaman dan seringkali diartikan sebagai perasaan mengantuk.

Dgn meningkatnya L-Tryptophan dalam darah bersamaan dgn naiknya jumlah Serotinin, tubuh akan membacanya sebagai sinyal untuk beristirahat. Jadi ada baiknya porsi makan siang kita tetap sesuai dgn kebutuhan. Porsi yg besar memang mengenygkan, tetapi ini membuat system pencernaan bekerja lebih keras dan menimbulkan efek kantuk seperti penjelasan di atas.

Sumber: blog.id.88db.com

Temukan Info Lain Seputar Sex

{ 0 comments... read them below or add one }