Bagaimana Tips Memilih Piano Bekas Dan Bagus

Posted by jenggot kambing on Thursday, March 31, 2011

Untuk membeli piano, tidak harus membeli piano baru. Selain mahal, cukup banyak piano second (bekas) yang mempunyai kondisi sangat baik dan dengan harga yang lebih rendah. Kalau orang bilang, dengan harga 30% dari harga piano baru, tetapi masih mendapatkan 80% dari kualitas. Maka itu, kenapa tidak mempertimbangkan membeli alat musik bekas saja?

Cara memilih piano second dibutuhkan pengetahuan yang sangat sederhana. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Segi fisik

Segi fisik adalah hal yang paling mudah untuk diketahui. Untuk melihat fisik piano dengan baik, anda harus melihat 2 bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar anda dapat melihat keadaan cat, warna, tutup piano, dan keadaan/warna tuts.

2. Segi bunyi / suara

Cek not satu demi satu dan dengarkan bunyinya. Tiap not harus memberikan suara yang konsisten. Jangan sampai terdengar ada suara yang lebih keras atau lebih redup. Apabila ya, ini dinamakan level suara yang tidak rata atau konsisten. Jangan pilih piano yang mempunyai masalah ini.

3. Mekanik piano

Cek mekanik dapat dilakukan pada pedalling piano. Pedal paling kanan memberikan suara yang lebih nyaring, pedal tengah digunakan untuk bermain di malam hari/ apartment sehingga menimbulkan suara yang tidak keras (ada penutup ke senar), dan pedal paling kiri memberikan efek suara yang lebih lembut (karena secara mekanik, hammer didekatkan ke senar).

Piano second biasanya mempunyai karakter yang telah terbentuk. Maka itu, apabila anda jeli memilihnya, anda akan dapat memilih piano yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang bagus.

Temukan lebih lengkap seputar alat musik bekas

{ 0 comments... read them below or add one }