Panduan Usaha Digital Printing

Posted by malamjumat on Thursday, January 29, 2009

Ingin memiliki usaha percetakan (percetakan digital, dsb) serba ada atau one stop shopping printing? Coba anda simak baik-baik masukan berikut ini, yang merupakan rangkuman disukusi dan sharing pengalaman mengenai usaha percetakan digital / digital printing, fotocopy, design grafis, warnet juga rental komputer.

Tentukan target konsumen

Misalnya:
Untuk orang-orang yang butuh jasa cetak digital cepat spt undangan, kartu nama, presentasi, brosur, dll. Tentunya harus instant alias bisa ditunggu karena menggunakan digital printing/cetak digital yg meniadakan proses konvensional yg lama. Hal ini membutuhkan modal yang cukup besar karena mesin percetakan terhitung ratusan juta. Ada yang namanya plotter indoor maupun plotter outdoor. Mungkin bisa pula menekan biaya melalui leasing atau kredit ke bank untuk pembelian printer, komputer, dll.

Berikut pengalaman membuka usaha cetak digital dan usaha penerbitan yang dimulai dari menerima settingan dulu, sebelum menjalar ke proses lainnya alias tidak langsung membuka usaha dengan skala besar.

Secara umum, modal yang besar tentunya akan mempermudah melakukan usaha bisnis percetakan. Namun, bukan berarti modal kecil akan menghambat usaha. Bisa dimulai dari networking terlebih dulu sambil mencari investor, customer product, partner, dan supplier yang menginginkan order cetakan.

Jangan berpikir kalau mesin digital yang selalu mahal. Ada solusi untuk itu. Dengan modal awal Rp. 10jt untuk membuka usaha digital printing, maka akan diperlukan beberapa hal berikut:

1 komputer P4 dengan spesifikasi grafis (beli second lebih murah ) Rp. 4jt bahkan ada yang lebih murah
1 printer laser untuk bikin film sablon Rp. 1jt
1 scanner Rp. 500rb
1 printer inkjet (merek terserah cari ukuran A4 utk awal, tapi cari refill tinta yang berkualitas, untuk menghindari catridge sering rusak karena kualitas tinta yang jelek) Rp. 500rb Sisanya untuk sewa tempat, pengadaan kertas dan sedikit promosi untuk order percetakan.

Temukan Mesin Percetakan, Mesin Cetak, Mesin Digital, Percetakan Digital, Cetak Digital, Jual Plotter, Plotter Outdoor, Plotter Indoor hanya di Mesin Percetakan & Cetak Digital : Jual Plotter Outdoor & Indoor Surabaya pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }