Cara Menghadirkan Ruang Makan Proporsional

Posted by malamjumat on Thursday, January 29, 2009

Untuk itu menciptakan ruang makan yang harmonis, perlu dibangun lingkungan pendukung suasana agar kesan rileks dan nyaman dapat terpenuhi. Namun begitu, tata ruang makan tetap bergantung pada suasana yang ingin dibangun sang pemilik rumah. Jika kesan yang akan dibuat adalah suasana informal, maka buat ruang makan yang menempel pada meja pantry. Anda bisa menciptakan ruangan seperti restoran / rumah makan yang santai. Baik itu restoran tradisional maupun rumah makan yang modern.

Selain atmosfer ruangan, saat mendesain ruang makan sebaiknya disesuaikan dengan luasan, lokasi yang tersedia dan gaya hidup sehari-hari. Biasanya luas ruangan dibuat untuk memenuhi kapasitas antara 2-6 orang. Pada ruang makan yang terletak di pantry dan tergabung dengan dapur biasanya hanya membutuhkan 2-3 orang. Sedangkan untuk yang berlokasi di teras ataupun samping kolam renang maka biasanya akan dapat menampung 4-8 orang. Ini akan membuat menu makanan & aneka menu lainnya menjadi sedap.

Selain itu, perlu dilihat keberadaan ruang makan yang diinginkan. Jika akan membuat permanen, perabot yang digunakan adalah yang tetap. Misalnya untuk menaruh menu makanan serta aneka menu lain.

Jika sifat ruangan tersebut adalah temporer atau dapat dialihkan kegunaannya, lebih baik menggunakan perabot yang ringan dan mudah dipindahkan atau dilipat. Bagi perabot yang digunakan di luar ruang, gunakan kursi berupa material batu berbentuk kubus maupun kursi berupa papan-papan kayu atau balok kayu. Untuk alas tiangnya, bisa menggunakan bahan beton untuk area outdoor. Dapat juga berupa beton cor berbentuk U terbalik berikut mejanya.

Untuk pemilihan furnitur yang ingin dipakai, lakukan berdasarkan kiat kepraktisan ruangan. Apakah ruangan tersebut indoor, semi outdoor atau outdoor. Dalam hal ini, perhatikan pemilihan bentuk meja bagian atas atau top table-nya. Di ruang makan yang tidak terlalu luas tapi memiliki anggota keluarga yang banyak, penggunaan meja makan yang dapat dipanjangkan layak dipertimbangkan. Namun, hindari penggunaan meja makan berkaki banyak. Ini akan menjadikan suasana mantap walupun mungkin menu makanan murah.

Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, lebih baik memilih kursi makan yang tidak terlalu tinggi. Ini akan membuat kesan ruangan sempit. Sedangkan kaki-kakinya menggunakan bentuk yang sederhana dengan sedikit profil ukiran.

Pada beberapa hunian, ruang makan biasanya tersambung dengan ruang lain sebagai bagian ruang multifungsi, misalnya tergabung dengan ruang keluarga atau dapur dan pantry. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilihan warna yang sesuai dan serasi. Namun, bukan berarti warnanya harus sama dan senada. Jadi, pemilihan warna yang dipilih adalah gelap, kontras dengan warna dinding yang berwarna terang-putih.

Suasana alami

Untuk ruang makan outdoor, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menciptakan suasana alami. Pertama, tempatkan tanaman-tanaman di sekeliling ruang makan. Aturlah tanaman berdasarkan ketinggian dan pilih yang memiliki ketahanan terhadap cuaca dan iklim.

Maksudnya agar penghuni dapat menikmati sarapannya sambil menikmati suasana dan kesegaran alami di pagi hari. Tentunya, rasa tenang dan santai sambil menatap hijaunya tanaman juga bisa diperoleh. Kedua, buatlah kolam buatan untuk mendapatkan suasana tenang dengan bunyi gemericik air yang mengalir.

Ketiga, batu alam sebagai dinding yang dialiri air pada kolam. Di sini dapat dibuat susunan batu alam. Bisa berupa batu kali susun sirih ataupun batu andesit atau batu candi yang telah dilapisi coating. Keempat, penggunaan kayu-kayu tahan cuaca sebagai alas teras. Bisa juga papan kayu-kayu keras ini diletakkan di atas kolam dengan membuat struktur dari besi siku atau kaki beton.

Dari keempat elemen tadi, buatlah kombinasi yang menarik dan memperkuat keindahan kolam yang dibuat. Apakah Anda ingin seperti restoran mewah atau restoran tradisional.

Semoga bermanfaat !!!

lifestyle.okezone.com

Temukan Rumah Makan, Rumah Makan Tradisional, Restoran, Restoran Tradisional, Aneka Menu, Menu Makanan, Aneka Menu Makanan, Menu Makanan Murah, Aneka Menu Makanan Murah hanya di Rumah Makan & Restoran Tradisional : Aneka Menu Makanan Murah Jakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }