Mengenal Jenis Makanan Sushi

Posted by jenggot kambing on Monday, January 9, 2012



Sushi adalah makanan Jepang dan merupakan kuliner favorit di seluruh dunia. Sushi sendiri artinya adalah nasi cuka. namun elemen utama dari sushi ini adalah nasi dan ikan mentah

Sushi memilik manfaat yang bagus untuk kesehatan. Ada beberapa jenis sushi yang bisa kita kenal dengan melihat bentuk nasinya:

sushi

Nigirizushi, Ini adalah bentuk umum dari sebuah sushi. berbentuk lonjong dan lauk yang diletakkan di atas sushi jenis ini bisa mentah atau matang. seperti tamagoyaki atau belut unagi dan belut anago yang sudah dipanggang.

Makizushi, Sushi ini berbentuk gulungan nasi yang berisi potongan mentimun, lauk atau neta yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

Chirashizushi, Nasi sushi ini dimakan bersama neta berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri.

Oshizushi, Nasi disusun bersama neta yang dipres untuk sementara waktu dengan maksud memadatkan nasi agar sushi yang dihasilkan berbentuk persegi panjang yang lalu dipotong-potong agar mudah dinikmati. Oshizushi ada juga yang dibungkus daun bambu, lalu dipres selama beberapa jam sampai satu malam.

Nah bagi anda yang ingin mencoba, tunggu apalagi segera kunjungi restoran sushi yang ada di kota Anda.*okefood

{ 0 comments... read them below or add one }