Mengenal Tanda Pada Lapangan Futsal

Posted by jenggot kambing on Friday, January 27, 2012


lapangan futsal


Lapangan futsal - Makin populernya olah raga futsal akhir-akhir ini membuat sebagaian besar para pelaku bisnis melihatny sebagi peluang yg menguntungkan, terbukit kini semakin banyaknya lapangan futsal yg berdiri baik itu indoor maupun outdoor, namun yg perlu anda perhatikan terutama yg hendak membangun lapangan futsal adalah ukuran standar tuk sebuah lapangan futsal.
Berikut ini kami mencoba merangkum kriteria dan ukuran standar tuk sebuah lapangan futsal:
Lapangan Futsal berbentuk persegi panjang, dgn ukuran sebagai berikut:

Ukuran stndar lapangan Futsal:
Panjang: 25 – 42 m.
Lebar: 15 – 25 m.

Ukuran standar lapangan futsal internasional:
Panjang: 38 – 42 m.
Lebar: 18 – 25 m.



Tanda Pada Lapangan Futsal:
Lapangan futsal ditandai dgn garis pembatas lapangan. Garis yg berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yg lebih pendek adalah garis gawang (goal line).
Lebar garis pembatas 8 cm.
Lapangan futasala dibagi menjadi dua bagian yg sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
Titik tengah ditandai dgn titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dgn titik pusat di titik tengah tersebut dgn jari-jari lingkaran 3 m.

Area Penalti pada Lapangan Futsal
Daerah di depan gawang yg ditandai dgn garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah:
Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dgn titik pusat setiap tiang gawang.
Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yg lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujung yg berada di depan kedua tiang gawang dihubungkan dgn garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dgn garis gawang. Mengapa harus 3,16 m? Karena 3,16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yg masing-masing diameternya 8 cm.

Titik Penalti Pertama:
Posisinya berjarak 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.

Titik Penalti Kedua:
Posisinya berjarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
Daerah Tendangan Sudut
Di setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dgn jari-jari 25 cm.
Daerah Bebas
Daerah bebas ini terletak di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan, karena di sisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak meja wasit ketiga ini minimal dua meter dari garis tepi lapangan.

Ukuran Gawang Pada Lapangan Futsal
Gawang harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.

Bentuk penampang tiang yg diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran, namun bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman jika terjadi benturan juga pantulan bola dgn tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yg akurat.

Permukaan Lapangan Futsal
Permukaan lapangan harus halus, rata dan tidak licin. Bahan yg disarankan adalah kayu / parkit. Sangat tidak disarankan menggunakan bahan beton dan paving stone. Pemilihan bahan permukaan lapangan ini bertujuan mengutamakan keselamatan pemain futsal.

Ketetapan tuk lapangan Futsal:

Jika garis gawang antara 15-16 m, radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4 m. Dalam hal ini titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yg dibatasi daerah penalti, tapi berada pada jarak 6 m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
Garis dapat digambarkan di luat lapangan, 5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang tuk memastikan jarak ini dapat diamati bila tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini 8 cm.
Dua garis tambahan dgn masing-masing jarak 5 m pada kanan dan kiri titik penalti kedua tuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, tepat di samping daerah bebas yg berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).


Sumber: ghezwayz.wordpress.com


Info Terkait:




{ 0 comments... read them below or add one }