Mengenal Proses Sablon Kaos Glow In The Dark

Posted by jenggot kambing on Monday, May 30, 2011


Kaos Sablon - Jika anda menginginkan desain kaos yg unik dan berbeda dgn design kaos-kaos yg telah ada di pasaran, maka anda bisa menggunakan teknik sablon khusus. Salah satunya adalah teknik sablon glow in the dark. Dgn teknik sablon glow in the dark anda bisa mendapatkan spesial efek dari teknik sablon jenis ini yg membedakan dgn design dari teknik-teknik sablon kaos yg lain.

Teknik sablon kaos glow in the dark bisa diaplikasikan pada kaos warna hitam atau putih dgn bahan kain dari katun. Tapi disarankan anda menggunakan kaos warna hitam utk mencetak design kaos dgn teknik glow in the dark, karena design yg tercetak akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Teknik sablon kaos ini cocok utk t-shirt anak-anak pada saat perayaan ulang tahun atau saat acara-acara menyenangkan lainnya. Kenapa teknik sablon kaos ini disebut glow in the dark, sesuai dgn namanya bahwa teknik sablon ini menghasilkan sebuah design yg tercetak pada kaos terlihat bercahaya di ruangan gelap. Hal itu adalah salah satu kelebihan dari teknik sablon kaos glow in the dark.

Kekurangan dari penyablonan menggunakan glow in the dark adalah sablonan yg dihasilkan cat ini terasa tebal dan dalam pencucian sehari-hari harus lebih hati-hati.

Tahapan dalam sablon manual glow in the dark sebagai berikut:

· Proses Design, proses ini adalah mewujudkan design yg kita inginkan dalam bentuk gambar/tulisan ke media yg nantinya bisa dicetak ke kaos. Bisa berupa foto, gambar tangan, atau vector. Design dibuat dgn menggunakan software coreldraw atau adobe illustrator

· Siapkan kaosnya. Tidak perlu membuat kaos sendiri, sekarang sudah banyak yg menjual kaos polos siap sablon dgn bahan cotton combed standar distro.

· Proses pembuatan film sablon dari design yg telah dibuat pada tahap 1 diatas.

· Proses Stencil, memindahkan design yg tercetak di film ke screen sablon.

· Proses penyablonan, dalam proses penyablonan ini yg perlu diperhatikan adalah teknik sapuan rakel yg benar, karena ini akan mempengaruhi kualitas dari sablon yg dihasilkan. Ada dua tahapan dalam proses sablon glow in the dark:

ü Sablon dgn warna dasar

ü Sablon dgn tinta/pasta/serbuk glow in the dark Proses pengeringan, tipe tinta glow in the dark dari plastisol atau rubber memerlukan pengeringan yg cukup lama sehingga diperlukan proses pengeringan secara khusus menggunakan proses pemanasan.

Sumber: grosirkaospolos.com

Temukan Info Lain Seputar Kaos Sablon

{ 0 comments... read them below or add one }