Lebih Mengenal Ragam Batik Asli

Posted by jenggot kambing on Thursday, May 26, 2011


Batik Online - Produk batik bisa ditemui di pasar grosir hingga mal termewah di Jakarta bahkan dalam dunia maya dgn batik online nya. Harganya bervariasi, mulai "seratus ribu tiga" hingga jutaan rupiah. Namun, di jaman ketika batik digembar-gemborkan sebagai warisan budaya dunia, ada baiknya Anda tak sekadar memilih baju batik berdasarkan kecantikan motifnya. Coba teliti juga apakah batik yg Anda pilih merupakan batik asli atau tekstil bermotif batik. Batik Online.

Yg dimaksud batik asli adalah batik yg dikerjakan secara manual menggunakan lilin malam. Ada sembilan jenis batik asli, Alma Facher, yakni batik tulis, cap, kombinasi tulis dan cap, sablon malam tulis, sablon malam cap, sablon malam cap tulis, printing tulis (manual bukan pabrikan), printing cap, dan kombinasi printing cap tulis. Batik Online.

Ciri yg paling mudah dikenali saat memilih batik asli adalah corak dan desainnya tidak sama. Gambar bunga, misalnya, tak selamanya sama dalam satu bahan sekalipun. Selain itu, batik asli biasanya limited edition, atau tidak diproduksi dalam jumlah banyak. Batik Online.

Sedangkan jenis batik yg tidak mendukung konsep batik, sebenarnya hanyalah tekstil bermotif batik. Atau, kain yg diberi motif batik. Karena lebih murah, batik seperti ini seringkali dibuat massal. Batik Online.

Mungkin agak membingungkan bagi orang awam, namun filosofi ini mesti dikenali masyarakat awam jika tak ingin mempermalukan bangsa. Batik Online.

Saygnya, 50 persen batik yg beredar di pasaran adalah tekstil bermotif batik, bahkan pada batik dgn brand ternama yg sering Anda lihat di mal sekalipun. Jika sekadar ingin mengoleksi dan mencari yg murah, sah juga membeli batik. Tetapi setidaknya, pilihlah batik cap atau kombinasi yg harganya pun lebih terjangkau. Batik Online.

Jadi jika ingin mendukung batik utk melestarikan budaya, teliti sebelum membeli. Batik Online.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Batik Online

{ 0 comments... read them below or add one }