Cara Tuning Bass Gitar

Posted by jenggot kambing on Wednesday, May 25, 2011

Menyetem gitar bass wajib dilakukan, agar dapat menemukan bunyi nada yang tepat pada setiap senar bass. Untuk merubah nada pada tiap senar dapat dilakukan dengan memutar panel tuning yang ada pada bagian head bass.


Untuk menyetem gitar bass dan menemukan nada standart, dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

Alat musik bernada.

Nada yang terdapat pada alat musik lain (piano, gitar, dsb) dijadikan patokan untuk menyamakan nada pada gitar bass (misalnya nada A oktaf kedua pada piano disamakan bunyinya dengan nada A senar ketiga pada bass, atau nada E senar keenam pada gitar, disamakan bunyinya dengan nada E senar keempat pada bass). Untuk melakukan penyeteman dengan cara ini diperlukan kepekaan telinga terhadap bunyi nada.

Tuner Elektronik.

Alat ini adalah yang paling efisien untuk menyetem nada pada gitar bass. hubungkan bass anda pada bagian input dari tuner, naikkan volume pada gitar bass anda, kemudian petik senar yang akan disetem, maka tuner akan menampilkan nada senar yang anda petik. Ini adalah cara menyetem yang paling mudah, dan dapat dilakukan untuk para pemula dengan ketepatan nada yang akurat. Untuk mendapatkan tuner elektronik, anda dapat membelinya di toko yang menjual alat musik.

Untuk mengecek nada pada gitar bass apakah tuning nada sudah tepat atau tidak, bunyikanlah nada yang sama pada senar yang berbeda secara bersamaan. Jika tuning nada ada yang tidak sama atau kurang tepat, maka kedua nada yang dibunyikan bersama tadi akan terdengar bergelombang.

Temukan info lebih lengkap seputar alat musik

{ 0 comments... read them below or add one }