Teknik Menenangkan Diri Secara Alamiah

Diposkan oleh jenggot kambing on Rabu, 16 Februari 2011

Kadang dalam menghadapi kehidupan tidak semuanya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hambatan,rintangan bahkan suatu kegagalan kerap kali kita hadapi dalam menjalani hidup ini.semua itu memang tidak terlepas dari segala usaha yang kita jalani dalam hidup ini,setiap masalah, rintangan bahkan kegagalan yang kita dapati terkadang membuat kita stress bahkan bila sudah mencapai klimaksnya bisa membuat kita putus asa bahkan frustasi.


Harus ada sesuatu yang bisa mencegah stress bahkan frustasi dikarenakan bila kita sampai stress tekanan darah kita akan naik,bahkan mungkin akan meningkat dan bisa tidak terkendali.justru malah akan mengganggu kesehatan kita.

Salah satu teknik yang saya kerap lakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan melakukan Meditasi.Secara umum meditasi artinya menenangkan pikiran,Adapun tujuan meditasi tersebut adalah untuk mengosongkan pikiran,kita mencoba mengosongkan pikiran kita dengan jalan membuang segala sesuatu yang ada dalam pikiran kita,tentang berbagai masalah baik itu keluarga,sekolah maupun pekerjaan.

Adapun tujuan berikutnya meditasi dapat kita gunakan sebagai jembatan,mengapa demikian? jembatan disini bermaksud bahwa meditasi adalah penghubung antara dunia yang penuh kesibukan dan segala aktifitasnya dengan alam semu,dimana alam semu sendiri adalah alam yang isinya hanya sebuah ketenangan jiwa,bahkan sangat kosong.

Berikut cara meditasi yang lazim dilakukan yaitu, posisi tubuh tidak terikat dalam arti tidak dipaksakan.namun yang paling sering dilakukan adlah dengan duduk bersila/badan diusahakan tegak.Cara ini dimaksudkan untuk memberikan bidan/ruangan pada rongga tubuh bagian dalam.

Atur pernafasan dengan baik,hirup udara pelan-pelan juga dikeluarkan dengan pelan-pelan juga.Rasakan seluruh gerak peredaran udara yang masuk dan keluar dalam tubuh kita.

Kosongkan pikiran kita kemudian rasakan suasana yang ada di sekeliling kita dengan segala perasaan,kita akan merasakan suasana yang hening, tenang, bisu, diam tak bergerak. Kita menyuruh syaraf kita untuk lelap kemudian kita siap untuk berkonsentrasi.Nah,bagi yang berminat cukup muda untuk dilakukan bukan? Selamat mencoba…

Sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }