Melihat Karburator Gambot Thailand

Posted by jenggot kambing on Friday, February 25, 2011



Spare Part Motor - Banyak mekanik yg berburu karburator gambot meski terbilang murah. Tapi, kualitas setara karburator asli alias bukan abal-abal.

Paling gampang kanibalin dari Spare Part Motor kepunyaan Honda NSR150 SP. Karbu merek Keihin jenis PE ini punya ukuran venturi 28 mm. Yg asli keluaran Keihin atau Honda Jepang memang mahal.

Namun dijual juga versi Thailand yg dibungkus plastik. Warna bodi karbu lumayan gelap dan tutup skep yg terang. Dijual paling mahal Rp 550-650 rebu.

Namun kudu hati-hati karena karbu PE 28 banyak yg palsu,

Bagi yg kurang puas sebenarnya bisa pakai Spare Part Motor untuk karbu venturi lebih besar. Namun harganya di atas Rp 1,5 juta. Bagi yg mau berhemat,

Misalkan yg sudah direamer 31 mm. Bentuk karburator masih standar. Hanya lubang venturi yg dibesarkan. Harganya cuma Rp 900 ribu. Dan itu masih boleh ditawar, Bro?

Hasil reamer lumayan rapi dan tentunya juga mengkilap.

Jika masih dirasa kurang besar, masih ada lagi versi yg lebih besar. Tersedia ukuran 32 mm. “Namun bentuknya sudah tdk standar lagi. Melainkan bodi karbu sudah ditambal lem tahan panas.

Warna lem putih agak kuning. Lem ini aslinya untuk lubang porting juga. Tdk perlu lepas atau karena kuat. Sebab lem ini menurut speknya punya daya rekat sampai 2 ton. Nempel terus!

Lem ini juga ada yg dijual terpisah. Harganya Rp 200 ribu. Satu set terdiri dari 2 macam lem. Hardener dan resin yg harus dicampur sebelum digunakan. Kembali ngomongin karbu PE reamer 32 mm yg dijual Rp 1,1 juta. Banderol segitu tentunya sudah termasuk lem.

Masih juga kurang gede? Tenang, masih ada yg lebih besar. Ukurannya 33 mm dan tentunya juga sudah mengandalkan lem tahan panas. Selisih harganya bisa lebih mahal Rp 50 ribu.


Dan bagi yg mau aplikasi ukuran super gede lagi, bisa menggunakan PE 28 yg direamer jadi 34 mm. Ini paling edan dan memang harus ditambal banyak. Bahkan skep karbu juga tdk bisa mengandalkan yg standar lagi. Melainkan sudah diganti botol skep milik karburator Yamaha TZM150.

Diameter skep karbu TZM lumayan besar. Menurut Awan, ukurannya sekitar 34 mm. “Satu set karbu PE reamer 34 ini dijual Rp 1,25 juta,” jelas Awan yg bersedia diajak diskusi lebih lanjut.

Sumber: ototest.otomotifnet.com

Temukan Info Lain Seputar Info Otomotif

{ 0 comments... read them below or add one }