Memilih Ban Dan Velg Motor Sesuai Kondisi

Posted by jenggot kambing on Friday, February 25, 2011


Ban Motor - Tren motor pakai kaki-kaki kecil masih ramai. Maksudnya, penggunaan Ban motor dgn tapak kecil. Bahkan, umumnya ban motoryak yg pakai Ban motor dan pelek biasa dipakai untuk drag bike yg balap di trek lempeng aja itu.

Boleh dan silakan aja? Kan yg punya motor dan duit, brother sendiri. Tapi tetap harus yg ada dipahami. “Ada perubahan karakter pakai ban motor dan pelek tapak kecil untuk harian seperti di motor drag,” tandas Anak Agung Surya Adicipta, instruktur safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Menurut Made Surya, panggilan akrab Anak Agung Surya Adicipta, ukuran ban motor dan pelek sudah disesuaikan desain dan performa. Makin kecil, artinya ukuran tingkat safetynya berkurang. “Misal, saat ngerem. Beban motor pastinya akan pindah ke depan,” wanti Made Surya yg tinggi besar ini.

Untuk itu, penting diperhatikan adalah saat melakukan pengereman dan ketika menikung. Titik ngebrake harus lebih jauh. Gerak tangan menekan tuas rem harus lembut.

Juga, jangan menikung terlalu miring. Diajak rebah nikung ekstrem, area traksi ban motor dan pelek drag look jauh lebih kecil. Kemiringan gak bisa disamakan. seperti ketika pakai roda estede.

Sumber: ototest.otomotifnet.com

Temukan Info Lain Seputar Info Otomotif

{ 0 comments... read them below or add one }