Untung Rugi Dalam Bisnis bunga papan

Posted by jenggot kambing on Tuesday, December 28, 2010


Dalam setiap usaha manusia pasti akan mengalami maju mundur dan naik turun. Pasang surut ini adalah sebuah ketentuan yg tidak dapat dicegah. Ibarat sebuah roda yg terus berputar, naik turun adalah suatu hal yg wajar. Hal ini memberi hikmah bagi kita untuk terus optimis dalam menekuni usaha yg kita jalani. Jika kemudian dirasakan berhenti itu yg harus diwaspadai dan dicermati dgn bijaksana.

Demikian pula dgn Online florist untuk bunga papan di Jakarta maupun di tempat lain. Ada masa-masa di mana Online florist untuk bunga papan berjalan dan bahkan berlari seolah tanpa henti dan ada kalanya order (pesanan) bunga papan seperti istirahat. Bulan puasa tahun 2010 M ini adalah gambaran nyata dari keadaan ini. Hampir setiap Online florist, khususnya di Jakarta mengalami masa"sepi order". Hal yg diluar dugaan mengingat pesanan bunga papan khususnya dan aneka bunga ucapan lainnya pada 2 tahun puasa sebelumnya tetap ramai meski hingga menjelang akhir puasa sekalipun. Bahkan satu dua pesanan bunga papan duka cita tetap ada walau telah memasuki malam takbiran. Keadaan sepi transaksi bunga papan hanya pada 3 hari menjelang puasa dan 3 hari awal puasa, itu pun tetap ada order meski hanya sedikit. Online florist besar yg biasanya dalam sehari bisa mendapat order minimal 10 rangkaian bunga papan, pada bulan puasa kali ini paling hanya 3 - 5 bunga papan perhari. Dgn kuantitas karyawan yg lumayan banyak tentu saja menjadi persoalan. Tetapi jika menilik 11 bulan sebelumnya, umumnya mereka masih bisa tersenyum. Berbeda dgn toko-toko yg pada hari biasa saja sepi order, apalagi di bulan ini.

Oleh karena itu, biasanya para pemilik usaha Online florist untuk bunga papan pada saat bulan ramadhan ini mencoba mengalihkannya dgn usaha parcel. Walaupun banyak himbauan pelarangan mengirimkan parcel untuk para pejabat negara dan daerah, tetapi bisnis parcel tidak pernah berhenti. Sebab parcel memang bukan edisi khusus para pejabat melainkan hak setiap orang yg menginginkan ikatan silaturrahminya tetap terjaga.

Karena untuk mempersiapkan bisnis parcel ini memerlukan waktu yg tidak singkat maka hanya mereka yg sudah memiliki planing (perencanaan) yg matang-lah yg biasanya mampu menguasai pasar. Katalog produk adalah salah satu kuncinya. Dgn katalog yg menampilkan berbagai macam bentuk dan isi dari parcel itulah maka para calon customer dapat memilih dgn leluasa dan banyak pilihan. Kecuali jika antara pihak pemesan dan penjual memang sudah sama-sama mengerti maka keberadaan katalog bisa dinomorduakan.

Sumber: www.anadisya.com

Temukan Info Seputar Toko Bunga

{ 0 comments... read them below or add one }