Merenovasi Rumah Dengan Dana Terbatas

Posted by jenggot kambing on Thursday, December 30, 2010

Tips Renovasi Rumah Dengan Dana Terbatas

DANA adalah faktor penting untuk memuluskan keinginan seseorang merenovasi rumah. Sehingga, membuat perencanaan secara matang adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Terlebih, saat ini harga bahan bangunan dan ongkos tukang kian melonjak

.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana melakukan renovasi rumah,. Simak tips berikut beberapa di antaranya:

1. Tetapkan prioritas dalam melakukan renovasi. Artinya, renovasi rumah harus disesuaikan dengan tingkat keutamaan (urgency)

2. Utamakan renovasi berdasarkan kepentingan atau fungsi dan bukan gengsi (estetika)

3. Pilih material yang dapat digunakan untuk jangka panjang. Jangan ragu menggunakan material yang lebih mahal tapi berkualitas dan punya masa pakai lebih panjang dibanding material murah, bentuknya bagus tapi tidak tahan lama. Sebut saja cat, kayu untuk kusen, material untuk pintu atau jendela, kunci pintu atau jendela, dan sebagainya.

4. Lakukan survei harga material dan upah terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih suatu jenis bahan material tertentu.

5. Lakukan konsultasi atau survei pada rekan atau pemilik rumah yang sudah direnovasi. Berdasarkan hasil konsultasi dan survei itu, Anda bisa melakukan perbandingan harga.

6. Usahakan untuk selalu berpedoman pada anggaran asal yang sudah ditetapkan. Jangan melakukan perubahan di tengah-tengah progress renovasi. Sebab, hal itu justru bisa membuat dana renovasi membengkak dan tidak terkendali.

7. Bagi Anda yang menggunakan dana pinjaman untuk merenovasi rumah ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain:

a. Sesuaikan besaran pinjaman dengan tingkat pendapatan kita. Jika rumah yang akan direnovasi hasil kredit, maka pinjaman akan makin menyulitkan kondisi keuangan keluarga.

b. Perhatikan tingkat bunga pinjaman dan tempo waktu pengembalian dana

c. Pastikan bahwa keputusan renovasi itu memang memiliki alasan kuat.

Sumber

{ 0 comments... read them below or add one }