Bagaimana Memilih Tempat Kursus Si Buah Hati

Posted by jenggot kambing on Wednesday, December 29, 2010


Memberikan pelajaran tambahan lewat Kursus Anak bagi si kecil memang baik. Cuma, ada beberapa hal yg sebaiknya Anda perhatikan, sehingga waktu dan uang yg Anda keluarakan tidak sia-sia.

1. Fokuskan ke kursus anak yg memang menjadi minat anak saja, sehingga Anda bisa menghemat atau bahkan menghilangkan pengeluaran untuk biaya kursus anak yg tidak perlu.

Ajak anak mengobrol untuk mengetahui minatnya. Tanyakan juga apakah dia mau mengikuti kursus anak yg berkaitan dgn bidang itu. Jika memang tidak mau, jangan dipaksakan.

2. Tentukan tempat kursus anak yg mudah dijangkau dari rumah, sehingga biaya transportasinya lebih murah.

Jika ada tempat kursus anak yg dekat dgn rumah, kenapa tidak dicoba? Tempat kursus anak yg dekat dgn rumah akan memberikan penghematan uang transpor. Tempat kursus anak yg dekat rumah juga membuat Anda tidak terlalu khawatir akan keadaan anak, karena Anda lebih mudah mengawasinya. Jadi mulai sekarang, kenapa tidak mencoba meluangkan waktu berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal Anda untuk melihat, siapa tahu ada tempat kursus anak yg bagus seperti keinginan Anda.

3. Sisihkan waktu untuk membandingkan harga dari kursus anak-kursus anak serupa di tempat lain.

Jika tak ada tempat kursus anak di dekat rumah, sepertinya Anda tidak bisa tidak harus meluangkan waktu melakukan survei ke beberapa tempat kursus anak sejenis yg ada di kota Anda. Memang sih, Anda bakal sedikit repot di awalnya. Tapi, jika Anda memang menemukan tempat kursus anak bagus yg murah, nantinya Anda justru bisa menghemat biaya kursus anak cukup banyak.

Banyak, tempat kursus anak yg karena terkenal bermutu baik, berani menetapkan tarif tinggi. Jika memang ada dananya, sih enggak apa-apa. Tapi, bagaimana jika dana Anda terbatas? Nah, cobalah tempat kursus anak alternatif. Biasanya, tempat kursus anak yg belum begitu terkenal tidak menetapkan harga terlalu tinggi, sementara mutunya belum tentu kalah dari yg mahal.

Luangkan Waktu dan Lihat bagaimana proses kursus anak berlangsung, dan tanyakan pada murid di situ bagaimana suasana di tempat itu. Tanyakan pula tentang kualitas pengajar, apakah para murid itu puas, bagaimana perkembangan setelah mengikuti kursus anak, dan sebagainya. Dari situ Anda bisa mengambil keputusan.

4. Evaluasi kursus anak tersebut secara berkala untuk menentukan perlu tidaknya kursus anak tersebut diteruskan.

Setelah anak mendapatkan tempat kursus anak seperti yg Anda harapkan, bukan berarti semua masalah telah terselesaikan. Anda sebaiknya mengadakan evaluasi tentang kursus anak tersebut. Evaluasi ini lebih ditekankan untuk jenis kursus anak berjangka waktu panjang (lebih dari 3 bulan misalnya).

Dgn evaluasi, Anda bisa menentukan perlutidaknya anak mengikuti atau meneruskan kursus anak itu. Jika memang tidak perlu, apa salahnya distop saja, sehingga tidak membuang-buang uang terlalu banyak.

Sumber: www.perencanakeuangan.com

Temukan Info Lain Seputar Kursus anak Dan Tempat Kursus

{ 0 comments... read them below or add one }