Sensasi Keindahan Raja Ampat

Posted by jenggot kambing on Monday, November 29, 2010

Raja Ampat, suatu daerah di Papua Barat, memliki keindahan alam yang luar biasa. Bisa membuat kita terpana apabila melihatnya.

Sejarah dan Asal Usul Raja Ampat

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat nelayan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat merupakan anggota suatu komunitas desa. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya dua kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda

Menurut informasi terpercaya, Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Di Raja Ampat, ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang yang banyak di temui di Raja Ampat adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam juga ada tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Raja Ampat, benar-benar sebuah keindahan yang tidak akan terlupakan, so tunggu apa lagi segeralah mendaftar untuk paket tour travel kesana,di jamin anda akan merasakan sensasi yang luar biasa dari salah satu tempat paling indah di dunia

sumber

{ 0 comments... read them below or add one }