Ornamen Busana Muslim

Posted by jenggot kambing on Monday, November 29, 2010


Perkembangan model baju muslim terbaru ternyata tdk kalah dgn mode busana modern lainnya. Meskipun mungkin kurang terekspos, namun model baju muslim terbaru juga selalu berkembang menyesuaikan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Begitu juga dgn model baju muslim terbaru, seperti terlihat di berbagai butik busana muslim maupun toko online, selalu menarik dan modis.

Fungsi busana bagi seorang muslim bukanlah sekedar untuk menutup aurat. Meski ketentuan syariah menjadi pertimbangan utama, namun seorang muslim juga menghendaki busana yg enak dan nyaman saat digunakan, serta tdk terlalu ketinggalam jaman. Apalagi busana muslim yg digunakan untuk beribadah tentunya juga harus indah dan enak dilihat.

Biasa Saja

Model atau bentuk baju muslim, atau sering juga disebut dgn baju koko, sebenarnya relatif baku dan standar. Khususnya menygkut desain, baju koko merupakan baju atasan pria muslim berlengan panjang dgn bentuk krah tegak. Seperti terlihat dari sejumlah baju muslim yg di jual di berbagai kios, butik, ataupun toko online di internet, perkembangan bentuk atau model relatif tdk banyak berubah.

Untuk panjang baju koko umumnya sebatas pantat, atau sedikit dibawahnya. Meski demikian, belakangan juga sempat menjadi trend mode baju muslim dgn bentuk agak lebih panjang lagi mendekati lutut.

Di sejumlah kalangan kampus, mahasiswa dan kaum muda muslim sering terlihat mengenakan baju koko dgn bentuk baju yg panjangnya mendekati lutut. Apalagi untuk kegiatan ibadah maupun menghadiri ceramah atau kajian agama.

Begitu juga dgn bentuk sakunya, relatif tdk banyak berubah. Ada yg dibuat satu buah di dada sebelah kiri, atau juga yg dua buah di kedua sisi bagian bawah.

Bentuk lain yg juga relatif tetap adalah menygkut warna. Warna-warna soft masih mendominasi model baju koko. Selain terlihat enak dipandang dan lembut, warna soft semacam ini memang seakan mencirikan keislaman yg memang memancarkan kesejukan.

Ornamen

Meskipun demikian, perkembangan model baju muslim terbaru koko tdklah statis. Meskipun bentuk secara umum cukup standar, namun baju koko senantiasa memperlihatkan sesuatu yg baru. Apalagi model baju muslim terbaru cukup fleksibel untuk dikreasikan dan dikembangkan. Baik menygkut warna bahan, adanya atau tanpa kerah, maupun bentuk kancing bajunya.

Salah satu unsur dalam model baju muslim terbaru yg cukup berkembang adalah pada hiasan atau ornamen yg dibuat. Lihat saja ornamen berbentuk semacam vignet yg belakangan cukup mendominasi mode baju koko tersebut. Bentuk ada yg berupa lingkaran atau goresan yg mengesankan semacam bentuk kaligrafi.

Menariknya lagi, ornamen ini umumnya dibuat dalam bentuk bordir, sehingga terlihat indah. Ada juga dalam variasi ornamen itu yg dibuat dgn cara manual menggunakan pewarna, seperti batik tulis.

Sebagai sebuah mode, perkembangan ini terbilang kreatif. Tanpa mengesampingkan syarat syariah yg melarang gambar makhluk hidup ataupun kemeriahan ornamen yg dapat mengganggu jamaah lain saat melaksanakan ibadah shalat, model baju muslim terbaru tersebut juga dapat diterima pasar dgn cukup baik.

Sumber: www.anneahira.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

{ 0 comments... read them below or add one }