Apa Itu Outbound

Posted by Sate Ayam on Friday, January 9, 2009


Kebersamaan
Nah, ada kalanya pegawai Anda mengeluh lantaran perusahaan tidak pernah mengadakan acara ‘senang-senang’ ke luar kota. Sebenarnya perusahaan ingin memberikan yang terbaik bagi pegawainya. Tetapi, kadang acara piknik bersama ini tidak selalu bisa dilakukan. Padahal, acara santai di luar kantor yang melibatkan pegawai memang sangat dibutuhkan. Bukan saja sebagai hiburan, tapi juga membina kebersamaan dan keharmonisan di lingkungan kerja.

How do we do it?
Saat ini, ada banyak vendor outing / Provider Outbound yang menyediakan jasa menyelenggarakan kegiatan outing. Semua kebutuhan outing perusahaan Anda bisa dipenuhi oleh vendor-vendor ini(Provider Outbound). Anda hanya perlu menyiapkan waktu, peserta, dan dana.

Kalau yang Anda inginkan adalah outing senang-senang, Anda tidak perlu memikirkan acara outing yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan, seperti team building. Dengan demikian, budget Anda pun dapat lebih diminimalkan lagi. Jika telah menentukan acara senang-senang, buatlah list mengenai kegiatan (Pelatihan Outbound, Outdoor Training) yang memungkinkan. Banyak perusahaan yang membuat jadwal outing berbentuk rekreasi bersama ke Bandung, Bali, Yogyakarta, atau Ancol.

Ada beberapa perusahaan yang tertarik untuk menggunakan cara semi militer untuk acara outing-nya(Pelatihan Outbound, Outdoor Training). Nah, jika Anda tertarik dengan gaya ini, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Secara fisik, sudah pasti acara outing akan banyak memakan tenaga fisik. Outing dengan cara ini mungkin baik bagi perusahaan yang menginginkan kedisiplinan bagi pegawainya. Kegiatan yang digelar biasanya meliputi jurit malam, menaiki jaring, flying fox, dan sebagainya. Tetapi, selain menguras tenaga, acara ini harus diselingi games. Jadi, tidak hanya terjebak dalam rutinitas fisik saja.

Buat sesuatu yang menarik
Revalina, seorang pegawai di perusahaan minyak mengatakan bahwa dalam setahun kantornya dapat melakukan outing hingga dua kali. Jenis outing-nya pun berbeda-beda. Suatu kali bos besarnya memberi kejutan dengan mengajak seisi kantor untuk naik gunung. Di lain kesempatan, sang bos mengajak seluruh pegawai pergi ke Bandung untuk rekreasi sekaligus shopping bersama. Terakhir, mereka sempat melakukan outing dengan gaya team building. Hebatnya, seluruh acara outing tidak pernah direncanakan oleh pihak luar, tetapi dilakukan oleh pegawai perusahaan itu sendiri.

Tips
1. Biaya akomodasi, transportasi, dan makan biasanya mengambil porsi budget terbesar dalam alokasi biaya. Jadi, usahakan mencari akomodasi yang tidak hanya memberi diskon, tetapi nyaman. Cari pula akomodasi yang menyediakan breakfast untuk mengurangi biaya makan.

2. Budget yang tersisa dapat dialokasikan untuk tur, transportasi darat, atau mengunjungi tempat rekreasi. Jika Anda bepergian ke Bali misalnya, Anda bisa mendapat kesempatan untuk menaiki kapal Quicksilver. Selain jalan-jalan, Anda juga tidak pusing memikirkan aktivitas untuk dilakukan. Sebab, paket Quicksilver biasanya sudah meliputi kegiatan dan makan.

3. Pilihlah jasa travel yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Jadi, Anda tidak kelimpungan saat mengalami ‘sesuatu’ pada saat acara berlangsung. Pastikan juga untuk memakai jasa travel lokal. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan mereka untuk dealing dengan transportasi lokal yang harganya terkadang tidak murah.

4. Tim survei sebaiknya hadir ke tempat outing (Training Center, Outdoor Training) 1-2 hari sebelum hari H untuk memastikan akomodasi, restoran, transportasi. Selain itu, tim survei juga harus mengecek lokasi games jika lokasinya berpindah-pindah.

5. Walaupun tujuan utamanya kebersamaan, tidak ada salahnya jika Anda menyelipkan acara bebas bagi peserta. Apalagi, jika kegiatan ini dilakukan di kota lain atau bisa juga di Training Center, Outdoor Training. Sehingga, mereka memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan sendiri.

Temukan informasi mengenai Provider Outbound, Pelatihan Outbound, Outdoor Training, Training Center, Outdoor Training dan Provider Outbound: Pelatihan Outbound & Outdoor Training Center Bandung pada 88db.com.

sumber : internet

{ 0 comments... read them below or add one }