Memilih Pengasuh Anak yang Baik

Posted by jenggot kambing on Tuesday, January 12, 2010



Faktor kepercayaan, kecocokan belum cukup, untuk mempekerjakan seorang Pengasuh Anak. Diperlukan pengamatan dan evaluasi yang berkelanjutan, agar si 'Mbak' bisa diterima dan bekerja semakin baik dari waktu ke waktu.

Psikolog Anak dari I Love My Psychologist Dra. Psi. Heryanti Satyadi, Msi. mengatakan, sebelum meninggalkan buah hati di tangan pengasuh, orangtua harus yakin kalau buah hatinya aman di tangan si pengasuh. Oleh sebab itu, Heryanti mengingatkan agar para orangtua cermat dalam memilih pengasuh anaknya. Sebab pengasuh adalah orang yang paling sering berkomunikasi dan kontak fisik dengan anak.

Harus Cocok dengan Anak

Memang, tak mudah mendapatkan sosok Pengasuh Anak yang pas untuk anak, apalagi yang mencintai anak. Walaupun pengasuh mungkin suka dengan anak kecil, tapi mereka tetap pengasuh bukan ibu kandung. Mengingat tidak mudahnya memilih dan mendapatkan pengasuh anak yang pas, Heryanti mengatakan harus diadakan seleksi terlebih dahulu. Lihat apakah sipengasuh anak cocok dengan sikecil. Sebab jika sikecil langsung mudah dan senang bermain dengan pengasuhnya berarti ada kecocokan awal.

Anda juga perlu memperhatikan cara bicara sang calon pengasuh anak. Misalnya, nada suaranya keras, kasar atau lembut. Yang harus diingat peranan pengasuh bukan untuk menganti pengasuhan orangtua. Tetapi hanya berfungsi menolong dalam memenuhi segala kebutuhan,terutama fisik anak. Misalnya kebutuhan makan bayi,mandi, dan kebutuhan fisik lainnya.

Sebelum Memanfaatkan Jasa Pengasuh Anak.

* Calon pengasuh anak harus diselidiki asal-muasalnya. Kalau berasal dari yayasan,kualitas yayasan tersebut harus diselidiki, apakah yayasan tempat BS bernaung dikenal baik dan punya kualitas terjaga. Jika calon berasal dari rekomendasi teman atau famili, sebaiknya tanyakan cara kerjanya pada pada orang yang pernah memanfaatkan jasanya.

* Calon pengasuh anak yang akan dipekerjakan juga harus terlatih, berlisensi dan punya pengalaman.

* Penampilan pengasuh anak harus terlihat bersih dan sehat, hal itu bisa diketahui dari wajah yang bersih dan segar, mulut yang tidak berbau, tubuh bersih, sehat dan tidak cacat anggota tubuh.

cybermed.cbn.net.id

{ 0 comments... read them below or add one }