Anggaran Untuk Komputer Rakitan

Diposkan oleh Sate Ayam on Rabu, 27 Januari 2010



Mitos komputer rakitan saat ini tidak seperti dahulu, dahulu orang beranggapan komputer rakitan adalah komputer yang sering bermasalah, lebih baik membeli komputer bermerk karena kualitas lebih baik dari komputer rakitan. Saat ini orang sudah mulai mengerti bahwa membeli komputer rakitan belum tentu berkualitas jelek bahkan komputer rakitan jelas lebih menguntungkan dari segi ekonomi dan lebih bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dan yang paling penting, bila ada masalah, hampir semua toko komputer dapat menanganinya, berbeda dengan komputer bermerk yang harus dibawa ke service center merk tersebut apabila ada masalah.
Yang harus diketahui adalah, komputer bermerk (setenar apa pun merknya) pada dasarnya adalah komputer rakitan juga. Si pemilik merk tidak membuat sendiri komponen2 komputer tersebut melainkan membeli dari produsen komponen atau toko komputer tapi kemudian dilabel dengan merk mereka.
Cpu

pada komputer desktop, biasanya cpu berwujud kotak yang cukup besar (dan lumayan berat). Dalam cpu terdapat komponen2 antara lain:
processor. Ini adalah "otak" dari sebuah komputer. Kecanggihan sebuah komputer ***kur dari seberapa canggih processornya.
Motherboard atau mainboard.
Bentuknya memang seperti "papan" dengan banyak sekali komponen elektronik. Semua komponen dari komputer akan terhubungkan ke motherboard ini.
Memory. Tempat menyimpan sementara segala macam proses dan data. Kapasitasnya ***kur dengan satuan mega bytes atau giga bytes.
Vga card. Komponen yang khusus mengolah tampilan grafis yang akan ditampilkan di layar monitor. Pada beberapa jenis motherboard, komponen ini sudah terintegrasi.
Sound card. Komponen yang khusus mengolah suara yang akan diperdengarkan melalui external speaker atau headphone. Motherboard generasi sekarang biasanya sudah mengintegrasikan komponen ini.
Hard disk.
Merupakan media penyimpanan data secara permanen dan bisa kita akses kapan saja kita mau. Kapasitasnya ***kur dalam satuan giga bytes.
Optical drive. Gunanya untuk membaca (dan pada beberapa jenis, juga untuk menyimpan) data dalam bentuk cd atau dvd.
Power supply unit (psu). Ibarat jantung bagi tubuh kita. Komponen inilah yang memasok listrik ke semua komponen yang lain. Biasanya saat kita membeli casing (kotak) cpu, di dalamnya sudah terdapat psu ini.

Hal-hal yg perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat komputer (terutama komputer desktop rakitan):
1. Kebutuhan atau kegunaan dari komputer tersebut
2. Dana maksimal yang kita anggarkan untuk membeli komputer di
toko komputer

kegunaan komputer
identifikasi dulu komputer yang akan kita beli akan dipakai untuk apa, atau untuk menjalankan aplikasi apa saja. Kegunaan ini akan menentukan spesifikasi komputer yang akan kita beli.

Dana maksimal yang kita anggarkan
setelah mengetahui untuk kebutuhan apa komputer kita gunakan, sekarang kita tentukan dana /anggaran untuk membeli komputer tersebut.

Jangan segan bertanya dan mencari informasi
ini adalah kunci agar tidak menyesal di kemudian hari pada saat kita memutuskan membeli komputer rakitan.



Http://www.adisatya.com

{ 0 komentar... read them below or add one }