Cara Menggunakan Mesin Genset Listrik Mini

Posted by jenggot kambing on Monday, January 25, 2010



Di pasaran kini bisa kita temui produk-produk mesin genset listrik mini dengan harga relatif terjangkau. Umumnya buatan China. Yang terkecil menggunakan mesin 2 tak sekelas pemotong ****ut dengan cc kecil. Pada generator tersebut terdapat dua pilihan output yaitu AC dan DC. Yang terkecil memiliki output sebesar 800watt dengan maksimum power 900watt. Fasilitas ini sangat berguna, terutama bila kita memiliki banyak perangkat yg menggunakan arus DC.

Yang paling ekonomis adalah yang menggunakan bahan bakar minyak tanah sedang untuk ukuran voltase besar biasanya menggunakan diesel. Namun generator yang sedang populer di pasaran saat ini umumnya menggunakan mesin 2 tak, dimana bahan bakarnya menggunakan bensin campur. Maksudnya, menggunakan bensin yang dicampur dengan oli/pelumas mesin 2 tak dalam perbandingan tertentu. perbandingan itu tertera pada buku manual, rata-rata sekitar 1:50. Oli 2 tak dapat dibeli di toko perlengkapan sepeda motor. Harganya mungkin sekitar 20ribu rupiah per liter.

Cara yang paling mudah untuk memilih kapasitas mesin genset yang anda butuhkan adalah dengan mempertimbangkan konsumsi peralatan listrik yg paling vital anda gunakan. Misalnya, mesin pompa air kita membutuhkan listrik sekitar 500watt, maka anda dapat mempertimbangkan membeli mesin genset yg kecil saja dengan kapasitas output sekitar 900watt. Artinya, anda dapat menyalakan pompa air dan satu atau dua lampu neon sebagai penerangan sekaligus. Ingat, output dari mesin genset tidak terlalu stabil, jadi sebaiknya jangan membebaninya dengan penggunaan yang terlalu banyak. Selalu gunakan dibawah kapasitas maksimalnya. Kalau tidak, tinggal pilih koil mesin gensetnya yg rusak, atau peralatan listrik anda yang rusak.

Untuk di Indonesia, menurut saya kebutuhan yang paling penting dalam situasi darurat adalah pompa air, penerangan dan pengisian baterai alat komunikasi. Dalam situasi tertentu, listrik juga dibutuhkan untuk peralatan medis. Jadi perhitungkan dengan baik kebutuhan listrik anda di rumah. Ini akan menentukan biaya yg anda butuhkan untuk membeli generator. Sebagai ilustrasi, mesin genset kapasitas 900watt harganya berkisar antara 750rb-850rb, 1500 watt mencapai 1,5 juta. Untuk ukuran rumah tangga biasa yang menggunakan sumur dangkal 6-15 meter, kedua ukuran itu sudah memadai.

Untuk membelinya, anda bisa pergi ke sentra peralatan di pasar HWI Lindeteves-Glodok, Pasar Kenari, atau kini anda bisa membelinya di pusat belanja seperti Carrefour atau Makro. Bila anda membeli di pusat perbelanjaan, tentu saja akan sulit mengetesnya. Paling anda akan diberi garansi 3 hari sampai seminggu. Kalau anda punya waktu lebih, pergi saja ke glodok atau kenari. Disitu anda bisa tanya2 dan minta tes dulu mesin genset yang anda beli.

Pertimbangan lain yang harus anda pikirkan adalah biaya perawatan. Mesin genset membutuhkan perawatan yang teratur. Karena tentu saja kita ingin mesin itu berfungsi dengan baik saat kita perlukan. Mesin genset 2 tak mini yang digunakan untuk generator kecil, biasanya tidak terlalu rumit perawatannya. Asal anda mengecek dan memanaskan mesinnya secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

Sebuah mesin genset listrik terdiri dari dua bagian. Yaitu motor penggerak dan koil/kumparan pembangkit listrik. Mesin bekerja memutar magnet di tengah poros kumparan. Gerakan magnet itu menggerakkan elektron dan akhirnya menjadi listrik.

larassejati.multiply.com

{ 0 comments... read them below or add one }