Tips Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Posted by Sate Ayam on Tuesday, October 20, 2009


Bisnis online tidak jauh berbeda dari bisnis biasa. Anda cukup berpikir bagaimana sebuah bisnis offline bisa sukses. Prinsip ini pun bisa Anda terapkan pada bisnis online. Berikut ini Tips sukses dalam mengelola bisnis online:

Tips Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

1. Jenis Usaha. Langkah awal, tentukan jenis usaha yang bisa mendatangkan uang. Misalnya menjual produk, jasa, informasi, iklan (seperti iklan baris.com) atau menjalankan produk orang lain cth toko gps. Hal ini juga harus diperhatikan, bagaimana persaingan bisnis dan di mana penekanan bisnis Anda. Apakah lebih mengutamakan harga, kualitas, servis atau selling point semata.

2. Nama Komersil. Nama bagus biasanya pendek, mudah diingat dan mencerminkan bisnis yang Anda geluti. Prinsip sama berlaku pada bisnis online cth toko gps. Nama domain Anda adalah nama yang akan dikenal di dunia maya. Jadi pilihkah nama yang mudah diingat, pendek, gampang ***capkan dan sebisa mungkin mencerminkan bisnis Anda agar konsumen akan mengingatnya, mengejanya dan menuliskan di browser mereka -walau kadang berlaku pula hukum anomali disana cthnya seperti toko gps.

3. Sewa Tempat. Banyak website memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain, memasang website di internet, jika Anda memutuskan membuat website sendiri, coba langkah sederhana berikut: 1) Buat sebuah file yang biasanya ber-extention html. Setelah selesai, upload file tersebut ke webserver. 2) Selesai upload ke web server, kemudin tentukan nama domain Anda, misalnya www. namaanda.com yang akan mengarah pada file Anda di webserver. Waluapun Anda jugabisa menyewa jasa orang lain. 3) Saat ini banyak templete website ataupun blog di internet yang semakin memudahkan Anda membuat website secara cepat dan instant, misalnya blogsopt.com atau wordpress.org. 4) Tak kalah penting, Anda harus memilih web host untuk menempatkan website Anda jadi ‘tuan tanah’ alias pemilik domain terpercaya. Anda tentunya tidak ingin kehilangan pelanggan karena ‘toko gps’ Anda sering ditutup dalam rangak perbaikan bukan (Underconstruction). Web host yang bagus menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung yang padat, menjawab pertanyaan Anda secara realtime online alias mudah dihubungi setiap saat.

4. Toko Segala Ada. Coba pikirkan apa yang akan Anda lakukan dengan toko offline? Anda akan mendesain semenarik mungkin dan memudahkan konsumens menemukan yang mereka cari. Toko online (cth toko gps)yang bagus akan menjadi tempat menyenangkan untuk dijelajahi dan memberi kemudahan mencari barang yang digunakan, misal dengan fasilitas seaarch engine atau mesin pencari. Desain website harus mencerminkan image atau produk yang Anda jual. Misalnya professional, hip, upscale dan lainnya. Jika tokooffline (cth toko gps) menawarkan pengecekan barang,menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debet (transfer) dan punya kebijakan mengembalikan barang bisa ada kerusakan, maka toko onlinesedianya memberikan fasilitas-fasilitas tersebut.

http://tipsanda.com

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Tipsnya boleh juga tuh... :D
Kalau jalan2 silakan mampir di disini. Terima kasih.. :D