Tips Menciptakan Bayi Sehat dan Pintar

Posted by Sate Ayam on Tuesday, October 27, 2009


  1. Kembangkan insting anda sebagai orang tua yang ingin memberikan terbaik untuk anak.
  2. Kembangkan hubungan emosional anda dimana hal itu sangat berarti dan menyenangkan bagi bayi melalui membaca dengan kartu belajar
  3. Pancing anak terlibat aktif saat membaca buku dengan pertanyaan seputar cerita yang baru dibaca, seperti pengenalan warna, gambar, bentuk atau penokohan cerita (apa saja yang memancing ketertarikan mereka maka gali lebih dalam!).
  4. Aktifkan terus kekuatan cinta, sebagai tambahan saat bermain dengan anak, tambahan cinta dan kasih sayang pada bayi merupakan energi bagi kekuatan otaknya.
  5. Berikan mainan yang sesuai dengan tahapan usia anak cth kartu belajar;
Usia 0-4 bulan :
Menampilkan variasi mimik wajah ; menggerakkan secara perlahan benda di depan matanya ; mainan berwarna terang, menyanyikan lagu sederhana ; mengulang kata-kata; dan menerangkan kepada bayi aktivitas yang sedang dilakukan atau bisa juga memberikan baby flashcards.
Usia 4-6 bulan :
Perkenalkan boneka bertekstur ; mainan blok dari plastik dan biarkan mereka mengadu kedua blok ; bermain musik dengan nada yang bervariasi ; tunjukkan buku dengan gambar objek berwarna terang, atau dengan baby flashcards

Usia 6-18 bulan :
Berbicara dan berinteraksi sambil bertatap muka dapat meningkatkan hubungan antara suara bunyi dan kata ; mengenalkan anggota keluarga dan para tetangga yang sudah dikenal sekaligus memberitahukan namanya secara berulang ; menyanyikan lagu dengan nada berulang diikuti gerakan tangan ; bermain cilukba atau dengan kartu anak or kids flashcards.

Usia 18-24 bulan :
Perkenalkan permainan sederhana seperti menaruh 3 benda berbeda warna dan bentuk lalu minta kepada anak untuk memberikan benda sesuai yang anda minta cth education card ; berbicara secara langsung sesering mungkin ; perkenalkan peralatan menulis dan menggambar seperti pensil, krayon dan kertas ; tanyakan “dimana dan apa” saat anda membacakan cerita untuk anak ; buat permainan bebas dengan boneka atau mainan favorit anak.

Usia 24-36 bulan
Berikan anak pujian dan penghargaan atas keberhasilan kemampuan motorik saat beraktivitas fisik cth education card ; dukung imajinasi /daya khayal anak dengan cara bermain boneka ; bantu anak mengenal kehidupan yang sebenarnya lewat permainan, seperti berbicara via telepon, bermain mobil-mobilan, minum teh bersama ; akrabkan anak dengan cerita sambil bertanya seputar cerita ; minta anak untuk menunjuk satu benda sesuai bunyi kata yang anda ucapkan saat sedang membaca buku bersama.

Usia 3-5 tahun :
Ajarkan berbagi melalui contoh sederhana ; bermain denga mengenalkan beberapa peraturan ; membatasi waktu menonton tv/video cukup 1-2 jam/hari dan dampingi anak sembari ciptakan percakapan interaktif seputar acara yang ditonton ; berikan pilihan seperti membaca buku atau bermain puzzle, kartu anak or kids flashcards dan biarkan anak memilihnya ; batasi larangan (kata “tidak”) sekaligus beri penjelasan kenapa hal tersebut dilarang ; berikan anak tanggung jawab dan perhatian serta tunjukkan ketertarikan anda saat anak menceritakan pengalaman barunya ; luangkan waktu seiap hari untuk duduk bersama dan berbicara tentang aktivitas yang dilakukannya hari itu dan jadilah pendengar yang baik.




http://dokteranakku.com/?p=167

{ 0 comments... read them below or add one }