Tips Merawat Air Conditioner

Posted by Sate Ayam on Friday, October 30, 2009



Penggunaan air conditioner (ac) atau pendingin ruangan sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya di kantor, di rumahpun alat ini menjadi penolong utama untuk mengusir udara panas.

Satu hal yang harus diingat, janganlah hanya menjadi pengguna tapi juga harus dapat merawat ac. Pendingin ruangan yang tidak dirawat secara berkala dan seksama dapat menjadi polusi udara bagi penghuninya sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit, seperti penyakit pada saluran pernafasan. Hal ini disebabkan karena pendingin ruangan yang kotor dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indera penciuman lebih baik pakai jasa service ac.
Hal tersebut diperkuat oleh hasil penelitian dari united state environment protection agency , ac service center (us epa) bahwa polusi dalam ruang bisa dua hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruang dan satu dari lima besar polusi yang beresiko mengancam kesehatan manusia.
Untuk itu, perawatan alat pendingin ruangan ini sangat diperlukan. Walaupun pemeriksaan komponennya diserahkan pada teknisi service ac, tak ada salahnya untuk mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus oleh service ac.
Pemeriksaan pada komponen saringan (filter) udara setidaknya dilakukan setiap bulan sekali. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil kemudian tersebar ke seluruh ruangan. Lagipula komponen pendingin ruangan anda kotor dapat memengaruhi kinerja sistem pendinginnya menjadi lebih berat, tidak menghasilkan dingin secara maksimal dan boros.
Pastikan alat kondensor yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak-semak atau dedaunan. Tentu saja, sebelum anda melakukannya, matikan pendingin ruangan terlebih dahulu. Anda dapat membersihkan debu dari kondensor tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner atau panggil ac service center.
Untuk amannya, pendingin ruangan harus diberikan perawatan rutin minimal enam bulan sekali oleh jasa service ac, untuk pemeriksaan secara total oleh teknisi yang terpercaya. Dengan perawatan rutin ini tak hanya kesehatan anda sekeluarga yang terjamin, usia pendingin ruangan ini akan semakin panjang dan biaya listrik pun tak akan membludak di akhir bulan.


http://anekatipsmenarik.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }