Kiat Berbisnis Tanaman Hias

Posted by jenggot kambing on Tuesday, October 13, 2009


Bunga memiliki sebuah gaya tarik natural yang luar biasa tetapi bunga juga punya gaya tarik material yang tidak kalah hebatnya. Bisnis tanaman hias adalah sebuah kekuatan baru yang mampu memberi warna pada peta bisnis di Indonesia. Tercatat lebih dari 1000 pembisnis yang bermain pada area ini. Bisnis tanaman hias atau Bunga Hiasan memang mencakup segmen yang relatif luas. mulai kalangan bawah, menengah sampai atas pun ada di bisnis ini.

Berbisnis bunga hias memang bukan jenis usaha baru di kalangan masyarakat. Hanya dengan membeli puluhan anak tanaman hias dengan harga miring, merawatnya dengan telaten, lalu tinggal menunggunya selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun bagi jenis tanaman tertentu, harganya bisa melonjak menjadi berpuluh kali lipat. Kemudian pebisnis tinggal meraup untung yang lumayan jumlahnya.

Bila belum memiliki pengetahuan mengenai usaha ini, sebaiknya tidak terburu-buru membuka usaha tanaman hias. Karena kunci keberhasilan utama bisnis ini adalah ketelatenan. Ini karena pemilik usaha harus merawat tanaman hias yang hendak dijual agar bisa ditawar dengan harga tinggi.

Kalau mau cepat berhasil,

pelaku usaha tanaman hias harus mau belajar dan berani salah. Tanpa itu, mustahil bisa menemukan cara terbaik merawat tanaman hias. Bila sampai salah memperlakukan tanaman, misalkan dengan terlalu banyak berikan pupuk atau air. Tentunya tanaman hias yang akan dijual akan kehilangan keindahannya.

Karena itulah biasanya, penjual tanaman hias biasanya diawali dari hobi. Setelah berhasil memperbanyak sejumlah tanaman hias, barulah di jual kepada masyarakat. Dengan begitu, dana yang dikeluarkan relative sedikit. Karena untuk membeli bibit tanaman ‘perumahan’ paling mahal Rp10.000. setelah dikembangkan, hanya dalam empat minggu saja tanaman hias tersebut digandakan menjadi beberapa tanaman hias baru. Ketika usianya sudah dua bulan, harga satu tanaman hias tersebut bisa dijual Rp3000.

Pemilihan lokasi penjualan tanaman hias akan sangat mempengaruhi target pasar. Tentunya hal itu akan berimbas pada jenis tanaman hias yang dijual. Kalau dijual di jalan-jalan itu berarti pangsa pasarnya adalah masyarakat kelas menengah. Tanaman hias yang dijual harganya biasanya di bawah Rp500 ribu. Kalaupun menyediakan tanaman hias yang harganya diatas itu, jumlahnya relative terbatas.

Kalau kualitas tanaman hias yang dihasilkan relative baik, tanaman hias tersebut bisa dijual ke daerah lain atau bahkan Negara lain.

ntuk membuka usaha bunga dekorasi atau Papan Bunga, minimal memerlukan dana sebesar Rp50 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan seperti alat dekorasi bunga, lemari, vas bunga, serta berbagai contoh bunga seperti Bunga Matahari, anggrek, dan bungan lainnya ntuk diperlihatkan kepada calon pembeli.

hermansah.wordpress.co

{ 0 comments... read them below or add one }