Perhatikan Lingkungan Les

Posted by gelasbagus on Friday, June 19, 2009

Pertimbangan orang tua memilih tempat les untuk anak-anaknya :
1. Cek lokasinya
Kalau tempat bimbingan belajarnya cukup jauh dari rumah, maka biaya transportasi yang dikeluarkan akan cukup besar, selain ada risiko anak juga akan mengalami kelelahan di perjalanan yang ujung-ujungnya bisa berpengaruh juga kepada penguasaan materinya. Sebagai tambahan, selain biaya transportasi, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memberikan sedikit tambahan uang jajan buat si anak selama ia belajar di lembaga bimbingan belajar.

2. Lihat lingkungannya
Lingkungan lembaga bimbingan pendidikan biasanya akan berbeda dengan lingkungan sekolah karena teman-temannya juga akan berbeda, sehingga sangat penting memang untuk memperhatikan lingkungan tempat lembaga belajar yang akan dimasuki anak. Sebagai contoh, kalau lingkungan tempat bimbingan belajar anak anak Anda berisi anak-anak yang sering jajan, maka ada kecenderungan anak Anda juga akan mengikutinya. Sehingga bisa berakibat si anak menjadi lebih boros dan tidak lagi fokus kepada proses belajarnya, malahan mungkin bisa jadi ia sibuk jajan dan bermain dengan teman-temannya tadi. Contoh lainnya, ternyata teman-teman tempat belajar anak si anak adalah anak-anak yang berperilaku kurang sopan dan nakal. Hal itu tentu sedikit banyak bisa berpengaruh terhadap diri si anak. Kalau ia tidak cocok, maka ia akan cenderung menyendiri.

Tetapi kalau ia cocok dan ingin ikut-ikutan, maka ia bisa saja jadi berperilaku seperti teman-temannya tadi. Jadi, sekali lagi, lingkungan belajar yang baik, akan memberikan manfaat yang baik pula bagi anak Anda. Ujung-ujungnya, lagi-lagi, uang yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia kalau memang Anda bisa memilih tempat bimbingan belajar yang memiliki lingkungan yang baik.

3. Ajak anak Anda
Yang akan mengikuti lembaga bimbingan belajar itu adalah anak Anda, bukan Anda. Karena itu, coba deh ajak dia untuk ikut mengecek tempat-tempat lembaga bimbingan tersebut sebelum Anda betul-betul memasukkannya ke lembaga belajar. Sesekali tanyakan padanya apakah ia cocok dengan tempat bimbingan belajar anak tersebut. Tanyakan juga padanya apakah ia nyaman dengan lingkungan tempat belajar anaknya. Sebagai tambahan, pastikan juga bahwa ia tidak merasa terpaksa mengikuti les belajar tersebut. Ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak Anda pada dirinya. Berusahalah untuk membujuknya dengan cara-cara yang menarik, agar ia juga bisa menikmati proses belajar yang ia jalani.

http://tabloidnova.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Bimbingan Belajar ~ Lembaga Bimbingan Belajar ~ Lembaga Bimbingan ~ Lembaga Belajar ~ Bimbingan Belajar Anak ~ Belajar Anak di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }