AC dan Cara Perawatannya

Posted by jenggot kambing on Friday, June 26, 2009

Penggunaan air conditioner (AC) atau pendingin ruangan sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya di kantor, di rumah (Home AC) pun alat ini menjadi penolong utama untuk mengusir udara panas. Untuk itu, perawatan AC atau alat pendingin ruangan ini sangat diperlukan. Walaupun pemeriksaan komponennya diserahkan pada teknisi, tak ada salahnya untuk mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus.

Pemeriksaan AC Maintenance pada komponen saringan (filter) udara setidaknya dilakukan setiap bulan sekali. Penyaring udara (Central AC) yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil kemudian tersebar ke seluruh ruangan (Home AC). Lagipula komponen pendingin ruangan Anda kotor dapat memengaruhi kinerja sistem pendinginnya (Central AC) menjadi lebih berat, tidak menghasilkan dingin secara maksimal dan boros.


Pastikan alat kondensor (AC Maintenance) yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak-semak atau dedaunan. Tentu saja, sebelum Anda melakukannya, matikan pendingin ruangan terlebih dahulu. Anda dapat membersihkan debu dari kondensor tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner. Lihat Home Ac Maintenance dan Central AC Maintenance.


Untuk amannya, pendingin ruangan (Central AC Maintenance) harus diberikan perawatan rutin minimal enam bulan sekali, untuk pemeriksaan secara total oleh teknisi yang terpercaya. Dengan perawatan rutin ini tak hanya kesehatan Anda sekeluarga yang terjamin, usia pendingin ruangan ini akan semakin panjang dan biaya listrik pun tak akan membludak di akhir bulan. (prp/pit)


rileks.com


Temukan infomasi mengenai AC Maintenance | Home AC | AC Home | AC Maintenance | Maintenance AC | Central AC | Central AC Maintenance | Home Ac Maintenance | AC dan pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }