Mencari Bimbel Untuk Buah Hati

Posted by anggota member on Monday, June 29, 2009

1. Materi Pelajaran
Materi pelajaran yang diberikan lembaga bimbel haruslah sesuai dengan kurikulum yang dipakai sekolah anak. Orang tua hendaknya meminta pihak lembaga
bimbingan belajar untuk menunjukkan kesamaan antara silabus dengan kurikulum sekolah.

Soal-soal yang diberikan lembaga bimbel pun hendaknya bermutu, tidak terlau mudah dan tak terlalu sulit bagi anak. Akan lebih baik jika soal yang diberikan ada kemiripan dengan soal ujian nasional. Ilustrasi yang digunakan pun sebaiknya menarik dan mudah dipahami. Hal-hal tadi, bisa dilihat sekilas oleh orang tua melalui modul belajar yang diberikan.

Oleh sebab itu, lembaga
bimbingan belajar hendaknya menyediakan modul belajar yang menarik, tak hanya berupa kertas hasil photocopy saja.

2. Pengajar Bimbel
Faktor pengajar sangat berpengaruh dalam proses belajar anak. Jadi,
staf pengajar bimbel hendaknya mampu memahami karakter setiap anak didiknya. Orang tua bisa memeriksa para pengajar bimbel melalui latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya, apakah sesuai dengan materi yang diajarkannya atau tidak.

Dalam mengajar bahasa asing, banyak lembaga
bimbingan belajar anak menggunakan tenaga native speaker (pengajar asing). Lembaga bimbel dengan native speaker, patut menjadi pilihan karena dipastikan mereka adalah guru pembimbing yang memiliki pemahaman tata bahasa yang baik.

Bila sudah memilih lembaga bimbel yang tepat, cobalah untuk tetap memantau kualitas para
staf pengajar dengan menanyakan kepada anak, bagaimana cara para pengajar di lembaga bimbel tadi mengajar.


3. Fasilitas Ruang Bimbel
Persaingan bisnis lembaga bimbel tentu akan berpengaruh pula pada persaingan harga. Berhati-hatilah pada penawaran harga yang rendah karena bisa jadi kualitas bimbelnya pun akan rendah pula.
Pastikan harga yang ditawarkan seusai dengan fasilitas yang akan didapatkan sang anak. Misalnya, fasilitas gedung dan kelas yang baik dan memadai. Tak ada salahnya, orang tua mengecek langsung kondisi kelas lembaga bimbingan belajar anak ini.

Dan, perhatikan pula jumlah siswana. Idealnya, dalam satu kelas bimbel siswanya berjumlah 5-15 anak, tak kurang dan tak lebih. Jika kurang, jiwa kompetisi dan minat belajar anak akan menurun karena sepinya ruang belajar. Jika lebih, belajar anak akan makin bermasalah.


4. Lokasi Lembaga Bimbel
Pertimbangkan lokasi lembaga bimbel yang akan dipilih. Letak lembaga bimbel yang berada di tepi jalan besar mungkin ada untungnya karena lebih strategis.

Namun, pertimbangkan pula keselamatan dan suasana belajar sang anak. Bila terlalu berisik karena suara lalu lalang kendaraan, ada baiknya memilih di lokasi lain. Pilih juga lokasi yang aman, nyaman, dan mudah dijangkau.

Di samping empat hal tadi, orang tua memang perlu mengetahui apakah peraturan belajar di lembaga bimbel cukup menawarkan kedisiplinan atau tidak. Sebab, tak sedikit yang terjebak menjadi sarana untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) anak, yang seharusnya ia selesaikan sendiri di rumah.

Sangat tidak mendidik bila
lembaga bimbingan belajar akhirnya "pasrah" dan hanya sekadar menyelesaikan PR anak saja. Hal ini akan membuat anak jadi makin malas belajar dan tak mau berusaha memecahkan masalahnya sendiri.

Dan yang terpenting dalam memilih
lembaga bimbingan belajar atau privat adalah dengan memilih yang sudah berpengalaman. Hal ini bisa dilihat dari kemampuannya dalam membantu anak meraih prestasi di kelas, luus dengan nilai memuaskan, bahkan bisa masuk ke jenjang pendidikan lanjutan favorit.

www.tabloidnova.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Bimbingan Belajar ~ Lembaga Bimbingan Belajar ~ Bimbingan Belajar Anak ~ Staf Pengajar ~ Guru Pembimbing hanya di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }