Merawat Agar Kebaya Tetap Cantik

Posted by anggota member on Friday, June 26, 2009

Kini kebaya tak harus melulu berkesan tua. Bisa dilihat, sekarang telah banyak rancangan kebaya modifikasi yang cocok dikenakan bahkan oleh remaja. Kebaya pun bisa dikenakan dalam berbagai acara, baik formal maupun non-formal. Begitu banyak ragam kebaya sekarang. Memang, pakaian kebaya dengan desain-desain mewah membutuhkan perawatan khusus. Bukan hanya penjahit kebaya, tapi kita juga harus tau bagaimana merawatnya. Bahannya yang biasanya merupakan brokat atau serat halus, dan dihiasi dengan berbagai payet, harus ditangani dengan berbeda.

Ingin tahu bagaimana cara merawat kebaya Anda?

1. Bahan dan Aplikasi
Mencuci kebaya bukanlah hal mudah. Apalagi bila kebaya Anda dipenuhi dengan payet-payet yang cantik. Untuk menghindari rusaknya aplikasi payet tersebut, jangan sekali-kali mencucinya di mesin cuci, atau menguceknya.

Selain beresiko akan merusak aplikasi payet, tindakan tersebut akan merusak serat kain yang halus. Untuk amannya, tak ada salahnya Anda mencucikan kebaya mewah Anda di laundry yang terpercaya.

2. Cara Mencuci
Bila Anda ingin mencuci kebaya Anda sendiri, Anda harus memberi perhatian lebih. Pertama-tama, rendam dalam air bersih yang telah dicampur satu sendok makan bubuk detergen. Jangan rendam terlalu lama, 10 menit saja cukup, lalu bilas sampai bersih. Untuk menjemurnya, disarankan agar menghindari sinar matahari langsung. Bahkan sebenarnya cukup diangin-anginkan sampai kering. Karena akan mempengaruhi
jahit kebaya.

3. Enyahkan Noda
Kadang tanpa sengaja, kita mengotori kebaya dengan noda. Bila itu terjadi, gunakan saja air jeruk nipis tepat di atas noda. Diamkan beberapa saat sampai cukup meresap, lalu rendam bagian kebaya Anda yang bernoda tersebut. Jadi bersihan setiap detil kebaya tradisional maupun yang modern.


4. Usir Ngengat
Ngengat adalah musuh pakaian.
Jahit kebaya yang sudah cukup lama Anda simpan di lemari pun bisa menjadi sasaran empuk bagi ngengat. Sesekali keluarkan koleksi kebaya yang telah lama Anda simpan dari dalam lemari dan angin-anginkan. Beberapa penjahit kebaya ada yang terbiasa dengan cara seperti ini. Untuk mengusir ngengat, jangan lupa taruh kapur barus atau kamper di lemari tempat Anda menyimpan kebaya.


http://kebayazarlita.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Jahit Kebaya - Tempat Jahit Kebaya - Tempat Jahit - Kebaya Pengantin - Jahit Kebaya Pengantin - Kebaya hanya di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }