Jalur Wisata Bandung

Posted by jenggot kambing on Friday, June 12, 2009

Kota Bandung memiliki beragam obyek dan daya tarik Wisata yang dapat dikembangkan dalam mendukung usaha pengembangan pariwisata. Ditunjang dengan letak Kota Bandung yang relatif dekat dengan lbukota Jakarta, pintu utama wisatawan mancanegara ke Indonesia, menjadikan kota kembang ini menjadi salah satu pilihan tempat Wisata utama bagi warga ibukota dan wisatawan mancanegara

Melihat beragam potensi obyek dan daya tatik wisata (ODTW) yang dimiliki oleh Kota Bandung dengan karakteristik tersebar tidak merata serta demand wisatawan yang cukup besar ,maka diperlukan suatu konsep pengembangan wisata secara terpadu. Salah satu konsep yang dapat dikembangkan adalah dengan mengembangkan konsep Paket Wisata city tour.

Konsep city tour yang pernah diterapkan di Kota Bandung dikenal dengan Bandung City Tour. Bandung City Tour merupakan suatu produk wisata yang berupa Paket Wisata keliling kota yang ditawarkan pada wisatawan yang datang ke Bandung dan ingin melihat atau menikmati obyek dan daya tarik yang ada di kota Bandung dalam waktu yang terbatas (Rosyidie, 1998: 31).

Berdasarkan pengertian dari Bandung City Tour tersebut, terlihat bahwa jalur-jalur Wisata Bandung memiliki peranan yang cukup penting. Oleh karena itu dalam menunjang pengembangan Bandung City Tour diperlukan penentuan jalur-jalur Wisata Bandung yang beragam untuk ditawarkan kepada wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Penentuan jalur -jalur wisata (Wisata Murah) dalam Bandung City Tour dapat dilakukan dengan penentuan rute perjalanan wisata. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis mengenai rute perjalanan wisata (Wisata Murah) untuk menunjang pelaksanaan Bandung City Tour.

Dalam penentuan rute perjalanan Paket Wisata Bandung ini digunakan dengan pendekatan Models of Tourist Travel, adapun bagian utama dalam konsep tersebut adalah (Pearce, 1995: 6) titik asal (origin), titik tujuan (destination),access route, return route dan recreational route. Access route merupakan rute yang menghubungkan antara titik asaltitik tujuan, return route merupakan rute yang menghubungkan antara titik tujuan-titik asal serta recreational route merupakan rute yang mengunjungi atraksi wisata dan fasilitas-fasilitas yang dilalui selama perjalanan wisata. Recreational Route (Paket Wisata Bandung) ini merupakan bagian dari perjalanan antara titik asal dan tujuan. Dan rute inilah muncul konsep touring yang dapat dikembangkan menjadi rute perjalanan wisata (Paket Wisata Murah).
Berdasarkan titik asal dan tujuan tersebut, dapat diperoleh tujuh rute perjalanan wisata (Paket Wisata Murah) yaitu rute Kebun Binatang, rute Tahura Jl. H. Djuanda, rute Taman Tegallega, rule FO Riau, rute Museum Geologi, rute Saung Angklung Udjo dan rute yang menggabungkan keenam ODTW tersebut. Selain itu diperoleh ruas- ruas jalan pada rute perjalanan wisata yang dapat digunakan sebagai titik transit/pergantian rute dalam menunjang pelaksanaan Bandung City Tour. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada wisatawan yang ingin mengkombinasikan berbagai alternatif rute yang ditawarkan (Paket Bandung). hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada wisatawan yang ingin mengkombinasikan berbagai alternatif rute yang ditawarkan.

Sumber: digilib.itb.ac.id

Temukan informasi tentang bandung di Wisata Bandung | Paket Wisata | Paket Wisata Bandung | Paket Bandung | Wisata Murah | Paket Wisata Murah | Paket Murah | Wisata dan Wisata Bandung : Paket Wisata Bandung & Paket Wisata Murah Bandung pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }