Teknologi Software Penerjemah "Speech to Text" Lebih Praktis

Posted by jenggot kambing on Tuesday, January 12, 2010



Banyak lembaga negara menunggu software penerjemah speech to text buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Prototipe software penerjemah yang mampu mengubah suara secara otomatis menjadi teks tertulis itu sudah dalam tahap penyempurnaan.

"DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) sudah menunggu perisalah ini diselesaikan, demikian pula Sekretariat Presiden, dan lembaga lainnya," kata Kepala Pusat Sumber Daya Open Source BPPT Oskar Riandi di sela-sela Global Conference on Open Source (GCOS) di Jakarta, 26-27 Oktober 2009.

Teknologi software penerjemah pengubah suara menjadi teks dengan bahasa Indonesia ini, kata dia, baru satu-satunya di dunia dan dirancang mampu menggantikan notulen dalam berbagai rapat, konferensi hingga sidang pengadilan. Ia mengatakan, perisalah ini masih terus dikembangkan hingga bisa beroperasi secara baik, berhubung saat ini akurasinya masih 40-50 persen saja, terkait hambatan dialek.

"Data suara seperti dialek atau logat dari berbagai daerah yang diajarkan ke dalam perangkat ini sekarang ini baru satu sepersepuluhnya sehingga masih membutuhkan notulen pendamping untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin," katanya.

Idealnya, lanjut dia, berbagai dialek dari seluruh suku di Indonesia dari Sabang sampai Merauke diajarkan ke dalam piranti software penerjemah ini, sehingga mesin ini mampu mengubah suara ke dalam teks dengan lebih tepat dan cepat.

"Pengembangan perisalah ke depan yang paling mendesak adalah penambahan data model suara. Namun, kendala yang dihadapi sekarang pada persoalan alokasi anggaran pemerintah untuk itu," tambah Oscar.

Namun demikian, sebagai lembaga riset BPPT hanya membuat prototipe, sehingga masih menunggu investor yang bersedia memproduksinya sehingga menjadi perangkat yang bisa digunakan secara massal. Oskar juga menekankan, bahwa piranti perisalah ini dibangun dengan basis open source.

Pada GCOS ini juga dipamerkan berbagai produk yang bersandar pada piranti lunak open source lainnya, seperti EasyHotspot, situs pasar kreatif, software analisis data, Zaitun Time Series, Bajau Enterprise solution dan lain-lain.

tekno.kompas.com

{ 0 comments... read them below or add one }