Harga Sewa Mobil Toyota

Posted by Sate Ayam on Wednesday, January 13, 2010





Tempo interaktif
, medan: bencana gempa dan tsunami di nanggroe aceh darussalam dan sumatra utara ternyata dimanfaatkan betul pengusaha rental mobil medan. Banyaknya relawan dari luar dan negara lain membutuhkan angkutan masuk ke aceh. Hal itu membuat harga sewa mobil dan truk naik berlipat ganda dari harga semula. Biasanya sewa mobil ke banda aceh rata-rata rp.600-700 ribu/hari, kini meningkat sekitar rp 1 juta -2 juta. Truk kapasitas 8 ton biasa sewa sampai ke aceh rp 2 juta meningkat hingga rp4 juta-4,5 juta sekali jalan.

Walau harga menggila tapi stok mobil dan truk yang disewakan juga habis disewa. Seperti di tempat sewa truk di pondok kelapa, jalan asrama medan. Biasanya, truk-truk mangkal menunggu sewa
mobil, kini orang harus antri menunggu truk kembali dari aceh. "kami kewalahan menerima pesanan truk untuk antar bantuan bencana aceh. Disini sekitar 30-an truk, semuanya laku disewa," kata hamid, supir truk yang ditemui tempo, minggu (16/1).

Melejitnya harga sewa mobil dan truk-truk tersebut sudah berlaku sejak seminggu pasca bencana. Rental mobil medan umumnya habis ketika sejumlah wartawan nasional dan luar negeri mencarternya untuk meliput ke aceh sampai berhari-hari. Persewaan makin laris dengan masuknya bantuan asing terus menerus melalui pelabuhan belawan dan bandara polonia medan.

Di pihak lain, kenaikan harga sewa
mobil yang berlebihan mengakibatkan aktivis dan relawan kecewa dan merasa dipermainkan pengusaha rental mobil atau wisata medan. Hal ini yang ***ngkapkan jaya arjuna, kordinator relawan transparancy internasional indonesia (tii) sumut kepada tempo. "kami kecewa dengan ulah pengusaha rental atau wisata medan yang menangguk keuntungan di tengah orang tertimpa musibah besar. Seharusnya mereka juga harus punya naluri kemanusiaan, tidak semata mencari keuntungan di tengah kemalangan," katanya.

Disebutkannya kalau saat ini, pihaknya sedang mengelola bantuan dari jakarta untuk disalurkan ke aceh, tapi kesulitan untuk mendistribusikan melalui darat karena tingginya harga sewa truk dan banyak truk menghilang. "barang bantuan kami sudah terlantar tiga hari, harga sewa truk menggila dan kalau pun ada tergantung siapa yang berani bayar mahal,"lanjutnya.

Http://www.hadirentcar.com

{ 0 comments... read them below or add one }